9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Daftar Destinasi Wisata Alam Lombok Timur

Lalu ahmad – Tau gak kamu Lombok timur itu dimana? Lombok timur adalah salah satu daerah tingkat dua yang berada di provinsi nusa tenggara barat ( NTB ). Lombok timur ini terletak di sebelah timur pulau Lombok dengan nama ibukotanya kota selong. Luas wilayah Lombok timur ialah 1.605,55km persegi dengan populasi 1.105.582 jiwa.

Daftar Destinasi Wisata Kabupaten Lombok Timur :

1.) Sembalun

Sembalum ialah objek wisata yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan, baik itu local maupun mancanegara, sembalun merupakan desa yang sangat terkenal keindahannnya alamnya, karna di kelilingi pegunungan yang sangat keren. Sembalun juga merupakan salah satu gerbang menuju gunung yang terkenal di Lombok yaitu Gunung Rinjani. Selain mempunya keindahan alam yang tiada tara sembalun juga mempunyai banyak budaya yang masih di lestarikan sampai sekarang salah satunya adalah bale baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau di daerah itu. Di sembalun juga banyak terdapat kebun-kebun strawberry.

2.) Rinjani dan Segara Anak

Kedua tempat ini pasti kalian tidak asing mendengarnya, soalnya semua orang hamper tahu tentang Rinjani. Gunung rinjani ini menjadi salah satu ikon pulau Lombok yang menjadi incaran wisatawan. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki anak yang bernama gunung baru jari yang berarti Gunung baru jadi, gunung baru jari ini masih aktif sampai sekarang. Menurut ahli sejarawan awalnya gunung rinjani itu memiliki ketinggian lebih dari 5000 m. tapi karena telah terjadi letusan maka gunung itu terbelah dan menghasilkan danau yang sangat indah yang bernama segara anak.

3.) Tanjung Cina

Kawasan ini merupakan kawasan pantai yang paling ujung selatan kabupaten Lombok timur, tepatnya berada di kecamatan Jerowaru. Tanjung perak dan tanjung cina ini ialah kawasan pantai berdataran tinggi dengan topografi berupa tebing-tebing curam yang indah. Lokasi ini dapat dicapai dengan waktu tempuh 30 menitan dari pusat desa atau 2,5 jam dari bandara. Wisata tanjung ini menyuguhkan pemandangan pantai dengan nuansa berbeda dari pantai lain, karena strukturnya yang eksotik  dengan tekstur batuannya memiliki gradasi warna yang sangat indah.

4.) Tanjung Bloam

Tanjung bloam ini adalah tempat daerah konsevasi penyu yang berhabitat di sekitar tebing-tebing dan sepanjang pantainya yg membentang dari ujung selatan dan utara. Tanjung bloam dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sampai lokasi tujuan.

5.) Pantai Kaliantan (Jerowaru)
Pantai ini terletak diselatan kabupaten Lombok timur, tepatnya di kecamatan Jerowaru. Pantai ini dapat ditempuh dengan waktu perjalanan 90 menitan dari mataram - sikur – sakra – keruak – jerowaru – pemongkong dan sampai di pantai kaliantan, Atau 2,5 jam dari bandara. Selain keindahannya pantai ini juga biasa digunakan tempat budaya berupa upacara bau nyale, apa itu nyale ? nyale adalah hewan laut sejenis cacing yang bisa di makan langsung atau diolah pepes biar lebih enak.

6.) Pantai Pink (desa sekaroh, jerowaru)

Pantai ini terletak di desa sekaroh, kecamatan jerowaru, Lombok timur. Pantai pink adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika di Lombok timur karena memiliki keunikah tersendiri dan menjadi salah satu 7 pantai di dunia yang pasirnya warna pink. Biasanya wisatawan memnghabiskan waktu disini dengan snorkeling, mincing, berpoto-poto dan menyelam.

7.) Otak Kokoq (montong betok)
Otak kokoq adalah destinasi wisata yang berada di lunggu, desamontok betook kecamatan montong gading, disini paling terkenal ialah air terjunnya yang dipercayai masyarakat sekitar bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

8.) Aiq Temer Waterfall (kembang kuning, sikur)
Aiq temer waterfall atau biasa disebut air terjun jeruk manis terletak di desan kembang kuning, tepatnya di kecamatan sikur. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600 samapai 1000 meter dari permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau lebat, dan terdapat kumpulan fauna monyet hitam penghuni hutan tersebut.

9.) Gili Kondo
Gili kondo terletak di perairan kecamatan sambelia, biasanya wisatawan disini banyak menghabiskan waktu untuk ber snorkeling .

10.) Dan  Masih Banyak Lagi....





0

Posting Komentar