9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Prof. Dr. Ing. Haji Bachrudin Jusuf Habibie, FREng atau (B.J. Habibie)

Lalu ahmad - hai semua, apa kabar kalian semua? Semoga dlam keadaan sehat ya. Selamat datang saya ucapkan kepada kawan-kawan ku semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang biografi  prof.dr.ing.haji bachrudin jusuf habibie,freng atau biasa disebut bapak B.J Habibie.

Deviantart.net


Prof. Dr. Ing. Haji Bachrudin Jusuf Habibie, FREng atau (B.J. Habibie)

B.J. Habibie lahir di pare-pare, Sulawesi selatan pada 25 juni 1936. Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Alwi abdul jalil habibie dan R.A. tuti marini Puspowardojo.

Beliau adalah presiden republik Indonesia yang ketiga, beliau menggatikan presiden soeharto yang telah mengundurkan diri pada tahun 1998. Beliau merupakan presiden yang masa jabatannya paling pendek di antara presiden lainnya di Indonesia dengan masa jabatan hanya 1 tahun 5 bulan.
Saat ini nama B.J Habibie diabadikan sebagai nama Universitas di gorontalo dengan menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo.

B.J. Habibie menempuh pendidikan di SMK dago dan setelah lulus beliau melanjutkan kuliah di universitas Indonesia bandung atau sekarang disebut dengan ITB pada tahun 1954. Kemudian pada tahun 1955 sampai dengan 1965 beliau melanjutkan studi di teknik penerbangan di RWTH Aachen di jerman barat. Beliau mendapat gelar diplom ingenieur pada tahun 1960 dan mendapat gelar lagi sebagai doctor ingenieur  pada 1965 dengan predikat summa cumlaude.

Beliau pernah bekerja di messershmitt bolkow blohm, yakni sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di hamburg jerman. Sehingga mencapai karir beliau di wakil presiden bidang teknologi, berikut karya beliau yang terkenal sampe sekaranh yaitu pesawat N-250 Gatot kaca.

Pada tahun 1973 beliau kembali ke Indonesia atas permintaan presiden soeharto, beliau kemudian menjabat sebagai menteri Negara riset dan teknologipada tahun 1978 sampai dengan maret 1998 dan pada masa jabatannya beliau juga di angkat sebagai ketua umum ICMI atau (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia).

Setelah memperoleh kekuasaan presiden beliau membentuk sebuah kabinet  dan beliau juga membebaskan para tahanan politik dan mengurangi control pada kebebasan berpendapat dan organisasi. 

Pada pemerintahannya yang singkat itu beliau berhasil memberikan landasan kukuh bagi indinesia, pada era beliau dilahirkan Undang-undang anti monopoli atau UU persaingan sehat, perubahan UU partai politik dan yang paling penting ialah UU otonomi daerah.

Berikut langkah-langkah yang di lakukan B.J Habibie di bidang politik :
  1. mencabut larangan berdirinya serikat-serikat buruh independen.
  2. membebaskan narapidana politik.
  3. memberikan kebebasan pada rakyat untuk menyalurkan anspirasinya sehingga banyak bermunculan partai-partai politik baru.
  4. membentuk UU yang demokratis.
  5. menetapkan 12 ketetapan MPR.
Setelah beliau tidak menjabat lagi sebagai presiden , beliau tinggal di jerman, namun pas era presiden SBY beliau kembali atif sebagai penasihat presiden untuk mengawal prosesdemokratisasi di Indonesia lewat organisasi yang di dirikannya yakni habibie center.

Demikianlah Artikel yang yang berjudul Prof. Dr. Ing. Haji Bachrudin Jusuf Habibie, FREng atau (B.J. Habibie)

Terima kasih yak arena telah membaca artikel Prof. Dr. Ing. Haji Bachrudin Jusuf Habibie, FREng atau (B.J. Habibie), semoga bermanfaat bagi kita semua, akhir kata, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Regards : Lalu ahmad najmul munir
Posting Komentar

Posting Komentar