9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Rangkuman Materi Sains Dalam Perspektif Islam

Iklan Billboard 970x250

Rangkuman Materi Sains Dalam Perspektif Islam

Lalu ahmad - hai semua, apa kabar kalian semua? semoga dalam keadaan sehat semua ya. kali ini saya akan membagikan Rangkuman saya tentang Materi sains dalam perspektif islam.



Rangkuman Materi Sains Dalam Perspektif Islam.

Secara etimologi sains itu diambil dari bahasa inggris science yang artinya pengetahuan, secara terminologi sains itu himpunan pengetahuan yang dikumpulakan melalui pengkajian atau penelitian. 

Sains adalah hal yang sangat penting, sains menjunjung tinggi rasa Rasionalitas atau masuk akal, orang barat menganggap sains itu adalah ilmu yang sangat penting,ilmu yang sangat akurat,dikarenakan banyak ilmuan barat yang melakukan penelitian terhadap sesuatu dan hasil penelitian tersebut ada yang benar namun  ada juga yang tidak benar atau ada yang belum di buktikan kebenaranya.

Ilmuan sains yang paling terkenal  adalah Charles Darwin, salah satu hasil penelitianya beliau adalah tentang asal muasal manusia, Charles Darwin mengatakan manusia itu asalnya dari kera,dia beranggapan bahwa tulang belakang manusia itu seperti kera, secaral logika itu tidak masuk akal,padahal kenyataanya ilmu sains itu sangat menjunjung tinggi rasa rasionalitas,tetapi itu berbanding terbalik dengan apa yang di katakan Charles Darwin tentang manusia yang asalnya dari kera.

Sedangkan dalam ajaran islam,manusia pertama itu adalah Nabi Adam A.S, apa mungkin nabi adam dari kera? Apa mungkin nenek moyang kita kera? Tentu saja tidak! Saya tidak setuju dengan Charles Darwin, karena itu tidak rasional dan tidak objektif, Allah Swt menjelaskan bahwa manusia itu di ciptakan dari tanah, dan manusia pertama yang ada di muka bumi ini adalah nabi Adam dan sudah jelas di buktikan dalam Al-quran, jadi apa yang di katakan sains itu belum tentu benar, karna belum ada hal yang dapat membuktikanya,lain halnya dengan mukjizat yang di berikan kepada Nabi musa. Yaitu, bisa membelah lautan, secara akal pikiran itu tidak masuk akal, akan tetapi ada yang bisa membuktikanya,yaitu, Al-Qur’an.

Jadi Sains dalam persfektif  islam harus di dasari oleh nilai nilai agama yang objektif, universal dan kebenaranya harus bersipat rasional agar dapat memberikan kemaslahatan bagi umat manusia,salah satunya umat islam.karna sains yang tidak di dasari oleh nilai nilai agama pasti akan membawa kehancuran,kerusakan  dan kesengsaraan bagi umat manusia.

Demikianlah Rangkuman saya tentan Materi Sains Dalam Perspektif Islam, semoga bermanfaat ya, akhir kata, samapai jumpa di artikel selanjutnya.
Baca Juga
SHARE
Lalu ahmad
mahasiswa teknologi informasi universitas bumigora

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar