9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Pengertian Moodle dan Cara Mengumpulkan Tugas



Laluahmad.com - yang anak kuliahan pasti mengenal apa itu moodle, yap moodle merupakan apilkasi atau web tempata kita belajar, mengumpulkan tugas dan quiz. seringkali dosen kalo nggak masuk, pasti menyuruh kita mengerjakan soal disana. jika kalian belum mengerti lebih dalam apa itu moodle, coba kamu simak penjelasan dibawah.

Apa itu Moodle ?

Modular Objek-Oriented Dynamic Learning Environment atau yang disingkat dengan dengan nama Moodle adalah sebuah flatform / aplikasi belajar mengajar yang memanfaatkan Teknologi Informasi, yang dikenal konsep pembelajaran elekronik atau bahasa gaulnya E-Learning, platform ini dibuat khusus untuk para pengajar dan murid untuk kepentingan edukasi. Moodle ini memiliki fitur untuk menyajikan kursus, dimana pengajar bisa mengunggah materi pembelajaran, soal, tugas dan kuis, lalu murid bisa memilih kursus yang disediakan. Selain itu Moodle juga memiliki fitur unggulan lainnya seperti : Assignment submission, kuis online, peringkat, forum diskusi, berita, unduh arsip dan chat. Lengkap bukan ?

Moodle ini diciptakan oleh Martin Dougiamas , saat itu martin sedang mengenyam pendidikan di Curtin University of Technology di Australia, dan ditahun 2002 martin dinobatkan menjadi seorang webmaster bagi universitasnya, dan disaat itu juga martin diangkat menjadi admistrator sistem bagi WebCT. Disaat itu Martin menyempurnakan platform ini untuk menyelesaikan masalah terkait WebCT.

Cara Mengumpulkan Tugas Lewat Moodle


  1. Ketikkan alamat e-learning UBG di Browser : https://e-learning.universitasbumigora.ac.id . setelah itu klik Login, dan masukkan user password.
  2. Setelah masuk, maka kita akan mendapatkan daftar kelas matakuliah yang telah di programkan pada semester saat ini. untuk melakukan upload tugas, klik dulu pada matakuliah yang bersangkutan.
  3. Dalam mata kuliah yang bersangkutan , akan ditampilkan jadwal serta rincian materi atau tugas. Jika terdapat tugas online maka akan muncul symbol seperti tangan memegang buku.
  4. Setelah itu klik pada tugas yang akan disubmit, kemudian klik Add submission.
  5. Kemudian klik Add untuk memilih file yang akan di upload.
  6. Pilih Upload File.
  7. Kemudian klik Browse.
  8. Pastikan nama file udah benar.
  9. Kalo sudah benar klik Upload this file. Kemudian klik save changes.
  10. Dan taraaaaa… selesai


Cara Mengerjakan Kuis di Moodle


  1. Pertama , login di Moodle.
  2. Setelah masuk pilih My Course , nanti akan ada beberapa pilihan soal yang bisa dipilih.
  3. Kalo sudah memilih, klik Attempt Quis Now.
  4. Dan taraaa.. sekarang kita bisa mengerjakan kuisnya.


Posting Komentar

Posting Komentar