9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Jenis dan Karakteristik dari Kerajinan Bahan Keras


assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. apa kabar kalian semua ? semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. kali ini aku kan membagikan sebuah materi singkat dari mata pelajaran Prakarya, yaitu Jenis dan Karakteristik Kerajinan Bahan Keras. Sebelum membahasnya secara langsung, mari kita ketahui dulu apa pengertian dari Kerajinan Bahan Keras, sebagai berikut :

Pengertian Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang bahan bakunya menggunakan bahan keras seperti kayu, batu, besi dan sebagainya.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan bahan keras dibagi menjadi 2, yaitu Bahan Keras Alam dan Bahan Keras Buatan. berikut penjelasannya :

1. Bahan Keras Alam

Bahan Keras Alam adalah bahan kerajinan yang diambil dari alam. Sifat dari bahan ini ialah solid, pejal, kuat, padat dan yang pasti tidak mudah berubah bentuk.

Contoh Bahan Keras Alam : kayu, rotan, bambu dan masih banyak lagi.

2. Bahan Keras Buatan

Bahan Keras Buatan adalah bahan kerajinan yang diolah dan dicampur sehingga menjadi bahan yang keras, dengan itu bahannya bisa digunakan membuat sebuah kerajinan sesuai yang kita inginkan.

Bahan yang digunakan bisa berupa kaleng, kaca dan sebagainya.

dari bahan diatas, pasti dari bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, oleh karena itu aku akan memberikan beberapa ciri-ciri dari bahan keras, sebagai berikut :

Bahan Keras Alam

Kayu

  • Terdiri dari berbagai macam jenis kayu, seperti jari, Pinus, mahoni dan lain-lain.
  • Masing-masing dari kayu pohon diatas memiliki karakteristik yang berbeda, namun pohonnya sama sama memiliki serat atau urat kayu yang indah.
  • Tahan lama, mudah dibentuk.

Bahan Keras Buatan

Logam

  • Logam terdiri bahan berbagai warna, ada perak ada emas.
  • Bentuknya ada yang tebal dan berat, ada juga logam yang tipis ringan dan tipis.
  • Logam mudah terkrosi oleh udara, karena itu logam sering dilapisi dengan krim.