Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Fungsi LDR (Light Dependent Resistor)


Pengertian LDR 

LDR (Light Dependent Resistor) adalah jenis resistor yang nilai hambatan atau nilai resistansi nya tergantung pada intensitas cahaya yang diterimanya. Nilai hambatan LDR akan menurun pada saat cahaya terang dan nilai hambatannya akan menjadi tinggi jika dalam kondisi gelap. Dengan kata lain, Fungsi Light Dependent Resistor adalah untuk menghantarkan arus listrik jika menerima sejumlah intensitas cahaya (kondisi terang) dan menghambat arus listrik dalam kondisi gelap.

Naik turunnya nilai hambatan akan sebanding dengan jumlah cahaya yang diterimanya. Pada umumnya, Nilai hambatan LDR akan mencapai 200 kilo Ohm pada kondisi gelap dan menurun menjadi 500 Ohm pada kondisi cahaya terang.

untuk lebih jelasnya pengertian LDR, kamu bisa memakai pengertian dibawah.

Light Dependent Resistor (LDR) adalah sensor cahaya yang memiliki 2 terminal output, dimana kedua terminal tersebut memiliki resistansi yang dapat berubah sesuai dengan intensitas cahaya yang diterimanya. Dimana nilai resistansi kedua terminal output LDR akan semakin rendah apabila intensitas cahaya yang diterima oleh LDR semakin tinggi.

Jenis-Jenis LDR

  • Photovoltaic : adalah sensor cahaya yang dapat mengubah perubahan besaran optik menjadi perubahan tegangan.
  • Photoconductive : adalah sensor cahaya yang dapat mengubah perubahan besaran optik menjadi perubahan nilai konduktansi (dalam hal ini nilai resistansi).

Manfaat LDR

Kita dalam menjalani hidup tidak lepas dengan adanya lampu, karena sebagai penerangan pada siang atau malam hari. Tetapi kadang-kadang kita sering melupakan tentang mematikan lampu pada siang dan malam hari  di depan rumah kita, hal ini dapat mengakibatkan pemborosan listrik yang dapat merugikan kita sendiri tetapi hal itu bisa tertangani oleh ilmu pengetahuan yang berkembang.

Adanya LDR inj bisa lebih menghemat listrik yang terbuang sia-sia karena tanpa kita mematikan lampu dengan manual, secara otomatis lampu kita bisa mati dengan sendirinya.

Fungsi LDR

LDR kerap difungsikan sebagai sebuah sensor cahaya dalam berbagai macam rangkaian elektronika seperti lampu penerangan jalan otomatis, lampu kamar tidur otomatis, rangkaian anti maling otomatis menggunakan teknologi laser Shutter kamera otomatis dan masih banyak lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel