Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulis dan Jelaskan 5 Nutrisi Hidroponik


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai sonatku apa kabar, semoga dalam keadaan sehat ya. Di artikel kali ini aku akan membahas soal yang banyak di pertanyakan di question hub yaitu tentang Hidroponik, bentuk soal sebagai berikut :

Tulis dan Jelaskan 5 Nutrisi Hidroponik

  1. Nitrogen (N) : Nitrogen termasuk kedalam unsur hara makro yang memegang peran penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara berupa nitrogen sangat diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian-bagian vegetatif tanaman seperti daun dan akar.
  2. Fosfor (P) : Merupakan nutrisi hidroponik yang diperlukan tanaman dalam jumlah yang besar, termasuk kedalam unsur hara makro. Jumlah fosfor pada tanaman lebih sedikit dibandingkan nitrogen dan kalium. Meskipun demikian, pada kenyataannya fosfor dianggap sebagai kunci keberlangsungan setiap tanaman. Unsur hara fosfor berasal dari bahan organik, pupuk buatan dan mineral-mineral di dalam tanah.
  3. Kalium (K) : unsur hara makro berupa kalium biasa dibuat pupuk dengan menggabungkan kedua unsur penting lain dengan tujuan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas hasil tanaman, yakni nitrogen dan fosfor.
  4. Magnesium (Mg) : merupakan bagian penting yang dibutuhkan oleh tanaman dalam proses metabolisme fosfat, pembentukan klorofil, respirasi tanaman dan aktivitas enzim.
  5. Kalsium (Ca) : unsur kalsium biasanya tidak dianggap sebagai unsur pupuk, sehingga tidak mengherankan bila jumlah kalsium dalam pupuk tidak sebanyak seperti unsur N, P dan K.
Nah itulah jawaban singkat tentang 5 Nutrisi Hidroponik, sebenarnya ada banyak lagi Nutrisi-Nutrisi Hidroponic tapi soal nya hanya menyebutkan 5 (Lima) jadi akupun hanya menjawab 5 di blogku. Sekian, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber : Bibit Online
Orang Lain Juga Menelusuri :