9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H

Cara Mengikuti UTBK dan SBMPTN 2020


Lalu ahmad, Cara Mengikuti UTBK & SBMPTN 2020 - Hallo temen-temen, apa kabar semua ? Semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Di artikel kali ini aku akan membagikan tips Cara mengikuti Utbk dan Sbmptn yang bentar lagi akan dilaksanakan.

Sebelum kita ke cara-caranya alangkah baiknya kita dulu apa itu UTBK dan SBMPTN ?

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah tes masuk perguruan tinggi berbasis komputer yang dilaksanakan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) adalah seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru dilingkungan  perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa maupun perguruan tinggi.

Apa bedanya UTBK sama SBMPTN di tahun 2020? Di media sosial banyak calon mahasiswa baru bertanya kira-kira UTBK sama SBMPTN sama atau tidak. Gini temen-temen, aku ijin jawab dengan singkat ya. UTBK itu kita TES / Ujian, setelah itu kita bakalan mendapatkan nilai. nah nilai itu kita buat daftar SBMPTN, pas pendaftaran SBMPTN kamu bisa memasukkan data sesuai dengan pas data yg di UTBK, setelah itu kamu bisa memilih jurusan kuliah apa yang kamu minati. Gitu temen-temen, jika belum ngerti kamu bisa hubungi email aku : laluahmad.com@gmail.com , nanti kita sharing disana oke.

Oke tanpa basa-basi lagi, yuk kita simak tata cara atau tahapan mengikuti UTBK dan SBMPTN.

Cara Mendaftar UTBK 2020


  1. Registrasi akun LTMPT (registrasi ini wajib bagi pendaftar UTBK maupun SBMPTN) menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Melakukan LOGIN menggunakan Username/Email dan Password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu Validasi dan Validasi data siswa. Disana kamu juga harus mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata
  4. Memilih menu Pendaftaran UTBK, memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran
  5. Membayar di Bank (Bank Mandiri, BNI, dan BTN) menggunakan slip tadi
  6. Melakukan LOGIN kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dan memilih menu pandaftaran utbk untuk mencetak Kartu Peserta UTBK
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi dan lokasi pusat utbk PTN yang dipilih
Itulah cara mendaftar UTBK 2020, btw udah tau belum kapan UTBK dilaksanakan ? hah belum tau ? Okoke, berikut jadwalnya.

Jadwal UTBK 2020

  • Registrasi Akun LTMPT (7 Februari - 5 April 2020)
  • Pendaftaran UTBK (30 Maret - 11 April 2020)
  • Pelaksanaan UTBK (20 - 26 April 2020)
  • Pengumuman Hasil UTBK (12 Mei 2020)

Setelah UTBK, mari kita beralih ke SBMPTN. Sesuai janjiku tadi aku akan membagikan cara mendaftar SNMPTN 2020. Yuks disimak dibawah ini :

Cara Mendaftar SBMPTN 2020

  1. Masuk ke laman https://portal.ltmpt.ac.id 
  2. Isi Biodata
  3. Memilih Prodi / Jurusan yang diinginkan (Max 2 prodi)
  4. Mengunggah Dokumen sesuai persyaratan termasuk PORTOFOLIO bagi pendaftar yang memilih Program Studi Bidang Seni dan Olah raga.

Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2020

  • Pendaftaran SBMPTN (2 - 13 Juni 2020)
  • Pengumuman (30 Juni 2020)

nah itulah cara mendaftar UTBK dan SBMPTN 2020, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya. Buat kamu yang lagi berjuang untuk masuk perguruan tinggi negeri idaman, semoga kamu lolos ya. Aamiin. Sekian, Terimakasih.
Baca Juga
SHARE