9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Bagaimana Jagung Berkembang Biak ?


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan membagikan materi belajar atau kunci jawaban dari buku tematik terpadu Kurikulum 2013 (K13) tema 1 tentang bagaimana jagung berkembang biak.

Mari Membaca :

Bagaimana jagung berkembang biak?


Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah 3 sampai 4 hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. 3 hingga 3 setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga

Bunga jagung memiliki helai helai rambut halus pada bagian ujungnya. Padahal helai rambut tersebut terdapat tepung Sari. tepung Sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung Sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecoklatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Oleh : Nuniek.

Pertanyaan :

Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul bagaimana jagung berkembang biak dengan mengisi diagram berikut.

Jawaban :

Paragraf 1 : jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara, salah satunya di indonesia.

Paragraf 2 : seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam jagung.

Paragraf 3 : pembuahan pada jagung terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepala putik.

Paragraf 4 : setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung.

Paragraf 5 : supaya jagung selalu tersedia sebagai makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen.

Penutup

Nah itulah diatas merupakan kunci jawaban dari buku tematik kurikulum 2013 kelas 6 tema 1 tentang Bagaimana Jagung Berkembang Biak. Semoga jawabannya bisa bermanfaat ya, akhir kata sampai jumpa di postingan lainnya dan Terima kasih.