9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H

Ciri-ciri Pokok Pengetahuan Ilmiah


Lalu Ahmad - Apakah kamu sedang mencari materi belajar tentang ciri-ciri pokok pengetahuan ilmiah? Jika iya, maka kamu sudah berada di situs yang tepat. Karena ini aku akan membagikan enam ciri-ciri pokok pengetahuan ilmiah.

Sebelum kita berlanjut, alangkah baiknya kita tahu dulu apa itu pengetahuan ilmu. Pengetahuan ilmiah adalah ilmu yang diperoleh dan dikembangkan dengan mengolah realita yang berasal dari luar diri manusia secara ilmiah, yakni dengan menerapkan metode ilmiah.

Jika sudah mengetahui apa itu pengetahuan ilmiah, mari kita berlanjut ke ciri-cirinya.

Ciri-ciri Pokok Pengetahuan Ilmiah :

1. Empiris

Yang diperoleh berdasarkan fakta aktual yang bisa ditangkap oleh indera. Ilmu juga rasional, artinya bersumber pada pemikiran rasional.

2. Sistematik

Yang telah tersusun ada hubungan ketergantungan dan teratur dengan pengetahuan sebelumnya. Jadi ada langkah sistematik yang teratur dalam memperoleh ilmu pengetahuan ilmiah. Teori kinerja dibangun oleh konsep kemampuan dan motivasi ilmu epistemologi dibangun dari beberapa teori di natural history disease dan ecological triangle.

3. Objectifitas dan universal

Apa yang diketahui sesuai dengan apa adanya, tanpa ada unsur keinginan dan kecenderungan subjektif dari penelaahnya. Apa yang berlaku di satu negara yang lain. Berlaku lintas ruang dan waktu apa yang di bumi.  Hasil ilmu digunakan untuk meramalkan dan mengontrol gejala alam,  sehingga berguna bagi kehidupan manusia.  Hasil ilmu berupa model atau isi variabel yang menjelaskannya.

4. Analisis

Pengetahuan dapat diuraikan secara rinci dalam bagian dapat dipelajari sifat, hubungan, dan peranannya.

5. Verifikatif dan Falsifikasi

Pengetahuan yang telah diperiksa kebenarannya oleh ilmu yang lain,. Dapat diteliti kembali kebenarannya bisa diuji ulang.

6.  Dapat di komunikasikan dan diterima umum (Impersonal) 

artinya merangkum fenomena yang lebih luas dan bersifat impersonal. pelayanan Pasien dikenal komunikasi terapeutik yaitu komunikasi impersonal ko amprehensif.

Nah itulah diatas merupakan Ciri-ciri Pokok Pengetahuan Ilmiah, Semoga postingan materi belajar ini bisa bermanfaat. Akhir kata, sampai jumpa dan terima kasih.
Baca Juga