9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Indra Pendengar


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi atau kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 halaman 103 tentang Indra pendengar.

Mari membaca :

Saat bermain bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik. Masih ingatkah kamu tentang pentingnya Indra pendengar? Ayo kita mengingatnya kembali.

Bekerjalah dengan kelompok. Buat peta pikiran tentang Indra pendengar dan sajikan di depan kelas.

Indra pendengar

Bagian-bagian

Daun telinga, Tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi, tulang pendengaran, Saluran setengah lingkaran, saraf serambi, saraf rumah siput, gendang telinga, liang dengar, saluran tuba eustachius dan serambi.

Cara kerja

Suara masuk ke dalam telinga dan ditangkap oleh gendang telinga. Getaran gendang telinga Diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke ujung saraf. Oleh saraf diteruskan sampai ke dalam otak sehingga kita dapat mendengar.

Fungsi


  • Telinga merupakan indera untuk mendengar.
  • Telinga berfungsi sebagai keseimbangan tubuh.


Cara merawat

Menjaga kebersihan telinga jangan terlalu sering mendengar suara yang terlalu keras seperti suara sound musik yang keras.

Telinga sangat penting bagi kita. Dengan telinga Kita dapat mendengar bunyi bunyi an. Kamu Sudah melakukan percobaan tentang sumber bunyi. Kamu bisa mendengar alat musik tradisional karena telingamu berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu rawatlah telingamu dengan baik.

Nah Sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa Mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya. Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian Kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.


  1. Ambil berbagai macam benda.
  2. Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
  3. Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
  4. Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.


Berapa kali Kamu bisa menebak sumber bunyi ?
Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak ?
Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?
Baca Juga