-->

3 Pendekatan Geografi Beserta Penjelasannya


Lalu Ahmad, Apakah kamu sedang mencari jawaban dari soal Sebutkan 3 pendekatan geografi serta jelaskan? Jika iya, maka sudah berada di situs yang tepat. Karena pada kali ini aku akan membagikan materi atau jawaban dari soal tersebut.

Geografi merupakan metode atau cara menganalisis untuk mengetahui atau memahami berbagai masalah geosfer. Pendekatan geografi dibedakan menjadi 3, berikut pendekatan-pendekatan tersebut.

3 Pendekatan Geografi Beserta Penjelasannya

1. Pendekatan Keruangan

Pendekatan keruangan digunakan untuk mengkaji permasalahan geosfer berdasarkan ruang kejadian. Pendekatan keruangan dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan berikut :

  • Pendekatan topik, adalah pendekatan yang menghubungkan suatu kejadian dengan tema utama dalam permasalahan geosfer.
  • Pendekatan Aktivitas manusia, adalah pendekatan yang menghubungkan aktivitas manusia dalam ruang.
  • Pendekatan wilayah, adalah pendekatan yang menjelaskan bahwa setiap wilayah memiliki karakteristik tersendiri.

2. Pendekatan Kelingkungan

Pendekatan kelingkungan digunakan untuk mengkaji suatu permasalahan sebagai akibat interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Interaksi manusia dengan lingkungan selalu mengalami perkembangan, Yaitu :

  • Tahap determinisme, adalah interaksi manusia dengan lingkungan, ditandai dengan manusia yang masih di pengaruhi oleh alam.
  • Tahap posibilisme, adalah tahap ketika manusia dan alam saling mempengaruhi.
  • Tahap optimis teknologi, adalah tahap perkembangan manusia sudah mampu menciptakan teknologi.

3. Pendekatan kompleks wilayah

Pendekatan kompleks wilayah adalah kombinasi atau perpaduan antara pendekatan keruangan pendekatan kelingkungan. Pendekatan kompleks bahan digunakan untuk mengkaji fenomena wilayah yang berbeda-beda.

Nah itulah 3 pendekatan geografi lengkap dengan penjelasannya, kamu bisa mengcopy paste atau menyalin nya di buku untuk menjawab soal-soal geografi. Semoga materi yang aku berikan ini bermanfaat ya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan materi pelajaran lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel