Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 : Penemu Teleskop Pertama


Lalu Ahmad - Kesempatan kali ini aku akan membagikan materi belajar atau kunci jawaban dari buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 9 kelas 6 tentang Penemu teleskop pertama.

Ayo membaca :

Penemu teleskop pertama

Bernama asli Friedrich William Herschel, ilmuwan ini adalah tokoh astronomi Inggris yang lahir di Jerman pada tahun 1738.

Karena rasa ingin tahunya yang tinggi terhadap apa yang ada di langit, Iya Pun menciptakan sebuah teleskop.

Iya telah mengalami beberapa kali kegagalan dalam membuat teleskop, namun dengan kegigihannya teleskop yang ia inginkan pun dapat diciptakan.

Dengan teleskop ciptaannya itu, Herschel menemukan planet Uranus pada tahun 1782. Awalnya ia memberi nama planet ke-7 dari matahari itu dengan nama Seorgium Sidus.

Nama itu diberikan sebagai penghormatannya terhadap raja George 3 dari Inggris. Kemudian Johan Bode, seorang astronom Jerman mengusulkan nama Uranus yang berasal dari nama dewa Yunani kuno.

William Herschel tentunya membuka mata kita bahwa luar angkasa menyimpan banyak misteri yang dapat kita telusuri terus menerus.

Pertanyaan :

Setelah membaca artikel di atas, diskusikan bersama dengan teman sebangkumu dampak yang ditimbulkan oleh penemuan Herschel.

Jawaban :

Dampak penemuan Herschel kita dapat meneliti dan menelusuri benda-benda langit atau benda-benda yang ada di luar angkasa dengan lebih leluasa dan lebih akurat.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban tematik terpadu kurikulum 2013 59 kelas 6 tentang Penemu teleskop pertama, semoga jawaban di atas bermanfaat kita semua, jangan lupa bagikan kunci jawaban ini ke teman kamu yang lain. Akhir kata sampai jumpa di dengan teori belajar lainnya.