9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H

Pengertian dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup


Lalu Ahmad, Materi Belajar - Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan materi Pelajaran Geografi tentang Apa pengertian lingkungan hidup unsur-unsurnya.

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya, baik itu di lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar, kita makan, minum, menjaga kesehatan, dan lain-lain semuanya memerlukan lingkungan.

Pengertian lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik.

Jika kamu berada di sekolah, Lingkungan biotik berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru, karyawan, semua orang yang ada di sekolah, serta berbagai jenis tumbuhan atau yang ada di kebun sekolah.

Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitarnya.

Nah di atas merupakan pengertian dari lingkungan, pembahasan kita selanjutnya ialah unsur-unsur lingkungan hidup. Berikut penjelasannya :

Unsur-unsur lingkungan hidup

1. Unsur hayati (Biotik) : adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik.

2. Unsur fisik (Abiotik) : adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup atau benda mati seperti tanah, udara, air, iklim, dan lain-lain.

3. Unsur sosial budaya : yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial.

Nah itulah diatas 3 unsur lingkungan hidup.

demikianlah postinganku yang berjudul pengertian dan unsur-unsur lingkungan hidup, Semoga bisa bermanfaat ya dan jangan lupa dibagikan ke teman kamu. Akhir kata, sampai jumpa di postingan materi belajar lainnya. Terima kasih.
Baca Juga