Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) : Manfaat, Dampak Positif dan Negatif


Laluahmad.com, Materi Belajar - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan materi belajar tentang Apa pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) beserta manfaat, dan dampak positif dan negatifnya. Oke langsung saja kita membahasnya secara singkat dan jelas.

Pengertian TIK

Teknologi informasi dan komunikasi atau disingkat TIK memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi, penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Jadi bisa kita simpulkan, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Pengertian TIK Menurut Para Ahli

  • Williams dan Sawyer : teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
  • Mc Keown : teknologi informasi merujuk pada segala bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.
  • Brown, Dehayes, Hoffer, dan Parkins : teknologi informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras perangkat lunak untuk memproses dan menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.
  • Martin : teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Kenneth C.Loudon : teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi, dalam hal ini perubahan yang maksud adalah perubahan informasi yang telah diolah yang dibuat sebelumnya dalam penyimpanan komputer.

Manfaat TIK

  1. Media untuk bertukar informasi.
  2. Mempermudah pembelajaran.
  3. Sarana komunikasi.
  4. Meningkatkan produktivitas sebuah pekerjaan.
  5. Hemat biaya.

Dampak Positik TIK

  1. Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
  2. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconfrence kelas virtual .
  3. Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
  4. Munculnya media massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan Pusat.

Dampak negatif TIK

  1. Kemajuan teknologi Informasi akan semakin memudahkan pelanggaran hak kekayaan intelektual karena akses mudah ke data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana.
  3. Tes program kerahasiaan semakin terancam seperti tes raven, differential ujibakat dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui internet.
  4. Dan masih banyak lagi.

Nah itulah diatas pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) beserta manfaat dan dampak positif dan negatifnya. Semoga bermanfaat ya, Akhir kata sampai jumpa di postingan lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel