9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Tumbuhan Sumber Kehidupan


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi pelajaran atau kunci jawaban buku tematik kurikulum 2013 tema 1 kelas 6 tentang tumbuhan sumber kehidupan.

Ayo Membaca :

Tumbuhan Sumber Kehidupan

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibukota provinsi di indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah dalam padi, palawija dan tebu.

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah dataran luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di indonesia adalah dataran tinggi dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi malang dan dataran tinggi tengger (Jawa Timur), dataran tinggi alas (Aceh), dan dataran tinggi bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah ?

Oleh : Nuniek

Pertanyaan :

Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacan.

Jawaban :

Paragraf 1 : indonesia adalah negara kepulauan.

Paragraf 2 : dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut.

Paragraf 3 : wilayah pantai termasuk dataran rendah.

Paragraf 4 : dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas  permukaan laut.

Paragraf 5 : menemukan jenis tumbuhan lain di dataran tinggi dan dataran rendah.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik K13 tema 1 kelas 6 halaman 36 tentang tumbuhan sumber kehidupan. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Kunci Jawaban Lainnya :
Baca Juga