Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Cara Bermain Rounders


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi atau kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 1 tentang Cara Bermain Rounders.

Ayo Berlatih :

Kamu sudah bermain Rounders bersama temanmu. Hari ini kamu akan bermain yang sama agar kamu lebih terampil. Diskusikan lagi cara bermain Rounders dengan teman dan gurumu sebelum bermain.

Rounders adalah olahraga permainan yang memiliki peraturan hampir sama dengan permainan kasti. Rounders memiliki teknik permainan yang sama dengan karti, yaitu melempar, menangkap, dan memukul bola ditambah dengan keterampilan berlari dan menghindari sentuhan bola. Perbedaan Rounders dan Kasti adalah Pada bentuk lapangannya.

Lapangan :


Lapangan Rounders berbentuk segi lima sama sisi. Masing-masing sisi panjangnya 15 meter, ditandai dengan 5 tempat hinggap yang disebut base. Setiap lapangan terdapat 5 base, yaitu base 1-5.

Peralatan :

Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan Rounders adalah sebagai berikut :

  • Lima tempat hinggap (Base) terbuat dari Keset, masing-masing berukuran 40x40 cm.
  • Satu tempat pelambung (bowler) ukuran 40 cm x 40 cm.
  • Kayu pemukul : Panjang 1 m, Garis tengah 7 cm, Panjang Pegangan 48 cm.
  • Bola : Keliling 19-22 cm, dan berat 80-100 gram.


Cara Bermain :

Rounders dimainkan dua regu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Dalam bermain, biasakan bertindak sportif sesuai peraturan permainan.

  1. Jumlah Pemain Rounders, Setiap regu terdiri atas 12 pemain inti dan 6 pemain cadangan. Setiap regu dipimpin seorang kapten. Pemain inti mengenakan kostum bernomor angka 1-12. Pemain cadangan mengenakan nomor dada dari pemain inti yang digantikan.
  2. Waktu Permainan Rounders, terdapat tiga inning (Babak). Ketentuannya, Satu inning terdiri atas satu kali jaga dan satu kali memukul untuk setiap regu. Permainan Rounders dinyatakan selesai jika setiap regu telah memperoleh giliran tiga kali menjadi regu pemukul dan juga.
  3. Regu pemukul berada di area bebas. Setiap pemain regu pemukul boleh memukul bola tiga kali. Pukulan dinyatakan benar jika : a) pukulan mengenal bola dan jodoh di tanah dalam garis batas, b) bola jatuh dalam sudut antara garis yang menghubungkan base lV dan base V atau antara base l dan base V.
  4. Regu penjaga menempatkan diri di area lapangan. Pemain yang menjaga base disebut base man. Catcher bertugas menangkap bola yang di oper pitcher kepada pemukul, tetapi bola tidak terpukul. Catcher boleh langsung mematikan lawan.
  5. Wasit bertugas memimpin permainan Rounders. Wasit di dampingi tiga wasit pembantu (penjaga garis) dan satu wasit pembantu (pencatat nilai). Dalam Rounders, wasit menggunakan pluit, suara, jari, dan lengan sebagai aba-aba kepada pemain.
  6. Pergantian pemain dalam Rounders sebagai berikut : a) terjadi enam kali kesalahan yang dilakukan regu pemukul, dan b)  lima kali bola tertangkap regu penjaga dalam satu inning.
  7. Penilaian pada permainan Rounders sebagai berikut :
  8. Nilai 2 jika pemain ragu pemukul mampu memukul benar, kemudian menuju base l sampai base V dengan selamat (tidak dibakar baseman) atas pukulannya sendiri (home run).
  9. Nilai 1 jika pemain dari regu pemukul mampu memukul benar, tetapi di salah satu base, pemain tersebut berhenti dan menunggu pemukulan lain melakukan pukulan sah untuk melanjutkan ke base V.
  10. Nilai 0 jika pemain dari regu pemukul melakukan pukulan benar, tetapi tidak berhasil mencapai salah satu base.
  11. Nilai 1 jika pemain ragu penjaga mampu menangkap bola pukulan pemain regu pemukul.


Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 1 tentang Cara Bermain Rounders. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa dibagikan ke temanmu agar mereka mengetahui cara bermain nya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel