9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Sosiologi Bagian 1 : Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku sosiologi bagian 1 tentang ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.

Pertanyaan :

Sebutkan Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan.

Jawaban :

  • Bersifat Empiris : melakukan kajian tentang masyarakat didasarkan pada hasil observasi, tidak spekulatif, dan hanya menggunakan akal sehat.
  • Bersifat Teoritis : menyusun abstraksi dari hasil observasi. Abstraksi adalah kerangka dari unsur-unsur yang didapat dalam proses observasi, disusun secara logis, serta memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
  • Bersifat Kumulatif : teori-teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya untuk memperbaiki, memperluas, serta memperhalus teori lama.
  • Bersifat Non-etis : bukan untuk mencari baik atau buruknya suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta tersebut secara analitis.

Penutup

Nah itulah kunci jawaban buku sosiologi bagian 1 tentang Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. Dan jangan lupa dibagikan ke teman kamu ya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.