9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 : Keberagaman Ekonomi di Era Globalisasi


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan semua materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 4 tentang Keberagaman Ekonomi di Era Globalisasi.

Keberagaman Ekonomi di Era Globalisasi

Di era globalisasi ini banyak sekali barang-barang dari dalam dan luar negeri yang bisa kita temui. Masyarakat bisa memilih barang-barang sesuai dengan keperluannya dan tingkat ekonominya. Tingkat ekonomi yang berbeda bisa disebut keberagaman ekonomi.

Apakah itu keberagaman ?

Keberagaman pengertiannya sama seperti keanekaragaman, bermacam-macam dan banyak. Dalam arti luas, keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang di Indonesia. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Apakah yang dimaksud keberagaman ekonomi itu ?

Keanekaragaman ekonomi berarti ekonomi tersebut bermacam-macam dapat dilihat dari berbagai aspek, contohnya aspek peralatan dan perlengkapan hidup manusia, sistem ekonomi, kemasyarakatan, sistem pengetahuan, mata pencaharian hidup, kesejahteraan dan kemampuan hidupnya.

Mengapa ekonomi setiap orang beragam ?

Setiap orang dilahirkan dengan perbedaan dari Tuhan, termasuk dalam hal ekonominya. Tingkat ekonomi juga disebabkan karena Tingkat kemampuan diri, usaha, dan kerja keras.

Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut ?


  • Keterampilan.
  • Pendidikan.
  • Sikap.


Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini ?


  • Kita harus saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda.
  • Ketika keluarga kita cukup berada, janganlah sombong, bantulah yang membutuhkan.
  • Jika keluarga kita masih kekurangan, Jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu.
  • Teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri.


Penutup

Nah itulah diatas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 4 tentang keberagaman ekonomi di era globalisasi. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke temanmu. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.