9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 : Kewajiban dan Hak kita Terhadap Lingkungan


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 2 tentang kewajiban dan hak kita terhadap lingkungan.

Kewajiban dan Hak kita Terhadap Lingkungan

Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestariannya. Salah satu caranya adalah memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan, misalnya menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik atau gas, seperti mobil listrik dan tenaga surya.

Energi alternatif adalah energi yang ramah lingkungan dan tidak pernah habis, misalnya energi yang berasal dari air, angin, panas matahari, dan sumber daya alam lainnya yang dapat diperbarui.

Kita juga berkewajiban membangun dalam gedung dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan, misalnya membangun gedung yang menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari.

Setelah memenuhi kewajiban, kita dapat memperoleh hak kita, misalnya memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan. Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan, dan pembangkit tenaga listrik.

Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, misalnya dari tumbuhan dan hewan yang merupakan sumber energi atau tenaga.

Sebelum memperoleh hak kita terhadap lingkungan, mari melaksanakan kewajiban terlebih dahulu.

Diskusikan pertanyaan berikut secara berpasangan berdasarkan teks di atas dan tuliskan jawabannya.

Pertanyaan :

  1. Apa saja kewajiban kita terhadap lingkungan ?
  2. Tulislah 3 contoh sikap ramah lingkungan ? Jelaskan !
  3. Mengapa penggunaan energi alternatif merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab kita ? Jelaskan !
  4. Berikan 3 contoh kebiasaan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat energi !
  5. Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu sebelum mendapatkan hak terhadap lingkungan ?

Jawaban :

1.) Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestarian nya dengan cara memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan.

2.)
  1. Menghemat bahan bakar minyak dengan menggunakan kendaraan berbahan gas atau listrik.
  2. Menghemat energi listrik dengan cara membangun gedung yang menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan siang hari.
  3. Menggunakan biogas untuk memasak, karena dengan menggunakan biogas kita akan menghemat bahan bakar minyak.

3.) Penggunaan energi alternatif menjadi tanggung jawab kita karena dengan menggunakan energi alternatif berarti kita menyediakan energi untuk generasi mendatang. Apabila energi digunakan terus menerus maka akan habis.

4.)
  1. Memperoleh sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, misalnya dari tumbuhan dan hewan yang merupakan sumber energi atau tenaga.
  2. Memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan.
  3. Memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan, dan pembangkit tenaga listrik.

5.) Kewajiban dan hak harus dijalankan secara seimbang. Hak diperoleh setelah kita melaksanakan kewajiban.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban aku tematik kelas 4 tema 2 tentang kewajiban dan hak kita terhadap lingkungan. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke teman kamu. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Kunci Jawaban Lainnya :