9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 : Kisah Putri Tangguk


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 8 tentang Kisah Putri Tangguk.

Ayo Berlatih :

Dalam sebuah cerita, terdapat tokoh yang bersifat baik hati. Tokoh seperti itu disebut tokoh protagonis. Tahukah kamu siapa tokoh protagonis dan tokoh antagonis pada cerita cerita di atas ? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Tokoh protagonis : adalah tokoh yang bersifat baik hati.
Tokoh antagonis : adalah tokoh yang bersifat jahat.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk diatas.

Pertanyaan :

  1. Apa cerita fiksi berjudul kisah Kisah Putri Tangguk ?
  2. Siapa saja tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk ?
  3. Siapa tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita di atas ?
  4. Siapa tokoh protagonis dalam cerita di atas ? Jelaskan alasanmu.
  5. Siapa tokoh antagonis dalam cerita di atas ? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban :

  1. Cerita rakyat atau cerita legenda. Karena cerita putri tangguk merupakan karya fiksi yang berkembang melalui mulut ke mulut (berasal dari daerah jambi).
  2. Putri tangguk adalah nama ibu dari 7 anak dalam cerita ini. Kisah ini menceritakan tentang kehidupan putri tangguk dan keluarganya.
  3. Tokoh utama : Putri Tangguk. dan Tokoh Tambahan : Suami putri tangguk, Ketujuh anaknya, Padi-padi dan sawah.
  4. Tokoh protagonis adalah suami putri tangguk, ketujuh anaknya dan padi padi di sawah. Karena merupakan tokoh yang bersifat baik hati.
  5. Tokoh antagonis yaitu putri tangguk, karena tokoh yang bersifat jahat, tidak bersyukur terhadap rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa sehingga dia jatuh miskin.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 8 tentang Kisah Putri Tangguk. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke teman kamu agar mereka mengetahui jawabannya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.