9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Mozaik Kreasi Bersama


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 1 tentang Mozaik Kreasi Bersama.

Ayo membaca :

Mozaik Kreasi Bersama

Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.

"Ah, tunggu Edo saja," Pikir lani.

Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika di kerjakan bersama.

Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan lani, edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari maluku. Ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari padang, rumah kebaya dari Betawi, Rumah Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.

Mozaik rumah adat akan menjadi rumah kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat indonesia.

Pak burhan memang sengaja memberikan tugas membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerjasama, cerita memecahkan masalah bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma menjadi gambar yang indah.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompok mu. Persentasikan hasilnya di depan kelas.

Pertanyaan :

  1. Apa ide yang dimiliki Lani ?
  2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo ? 
  3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda ?
  4. Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat ? Jelaskan !
  5. Kerjasama apa yang terlihat pada cerita di atas ?
  6. Apa manfaat kerjasama dalam keberagaman ?
  7. Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman ?
  8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani diatas ?

Jawaban :

  1. Membuat rumah adat daerah lain.
  2. Rumah adat maluku.
  3. Dengan cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide itu dirasa kurang tepat bisa disempurnakan dengan ide yang lainnya tanpa adanya perpecahan.
  4. Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu memperkaya ide yang sudah ada.
  5. Kerjasama membuat mozaik.
  6. Agar tercipta kerukunan antar umat beragama. Dan saling mendukung.
  7. Saling memahami dan menghargai bahwa setiap orang itu berbeda, berbeda bukan berarti tidak dapat bersatu.
  8. Kerjasama.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 1 tentang mozaik kreasi bersama. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke teman kamu agar mereka mengetahui jawabannya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.