9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 : Nilai-Nilai Pancasila Dalam Koperasi


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban Buku Tematik kelas 6 tema 7 nilai Pancasila dalam koperasi.

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sekelompokmu.

Pertanyaan 1 :

Apa yang kamu ketahui tentang koperasi ?

Jawaban :
Crop koperasi adalah badan usaha yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Asas dari koperasi adalah kekeluargaan.

Pertanyaan 2 :

Nilai-nilai apa Pancasila Apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi.

Jawaban :
  • Sila 1 : keanggotaan koperasi secara umum tidak membedakan agama dan kepercayaan yang dianut.
  • Sila 2 : semua anggota koperasi hak mendapat perlakuan yang sama dan mengesampingkan perbedaan yang ada. Sikap adil, menghargai hak dan kewajiban, dan bersikap tenggang rasa perlu diterapkan dalam keanggotaan koperasi.
  • Sila 3 : anggota koperasi perlu menanamkan sikap rela berkorban, cinta tanah air, dan menjaga persatuan antar anggota koperasi itu sendiri.
  • Sila 4 : pengambilan keputusan dalam koperasi dilakukan melalui musyawarah mufakat di suatu Rapat anggota.
  • Sila 5 : koperasi bekerja tidak hanya untuk kepentingan anggotanya saja, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat di sekitar koperasi.

Penutup 

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 7 halaman 112 tentang nilai-nilai Pancasila dalam koperasi. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke teman kamu agar mereka mengetahui jawabannya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.