Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Maritim Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat


Lalu Ahmad - pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Maritim Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat.

Ayo Mengamati :

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Maritim Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat

Sebagai negara maritim dan kepulauan yang berada di antara benua australia dan asia membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial budaya bangsa indonesia. Hal ini bisa terjadi karena posisi tersebut menyebabkan indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di seluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke indonesia.

Pedagang pedagang dari berbagai negara tersebut yang memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Para pedagang yang mampir dan ada sebagian yang menetap di indonesia turut membawa adek budaya dari negara asalnya. Lambat laun adat budaya yang di bawah tersebut akan berbaur, bercampur, bahkan melebur dengan adat budaya asli indonesia.

Berikut adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan :

  • Komunikasi dan interaksi antar penduduk menjadi lebih mudah, baik antar warga indonesia maupun orang indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antar pulau dan antar negara.
  • Terjadinya pembauran, percampuran, atau peleburan nilai-nilai antar pulau dan antar negara.
  • Munculnya perkampungan-perkampungan etnis tertentu, seperti pecinta dan kampung arab.
  • Terjadinya perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh masuknya pola dan nilai perilaku dari pulau, daerah, maupun negara lain.
  • Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.


Ayo menulis :

Ada dampak positif, tentunya juga ada dampak negatifnya. Coba ceritakan berbagai dampak yang timbul sebagai akibat dari letak dan kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.

Dampak Positif

Memiliki keberagaman potensi alam dan hasilnya, memiliki keberagaman dan kekayaan budaya, memiliki keberagaman sumber daya manusia.
Bidang transportasi : berpotensi meningkatnya infrastruktur di berbagai daerah karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.
Bidang ekonomi : menjadi jalur perdagangan internasional, juga berpotensi menambah devisa negara melalui pengembangan destinasi pariwisata.

Dampak Negatif

Tidak merata nya potensi alam dan sumber daya manusia, tidak merata nya pembangunan dan pemerataan hasil hasilnya, rentan terhadap terjadinya komplek ke daerahan.
Sering terjadi bencana alam. Indonesia berada pada jalur patahan lempeng kerak dunia, pergerakan menyadari lempeng tersebut dapat berakibat pada terjadinya bencana gempa bumi. Selain itu, munculnya banyak gunung berapi juga bisa menjadi potensi bencana alam.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Maritim Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa bagikan ke teman kamu agar mereka mengetahui nya juga. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel