9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Gagasan Pokok dan Pendukung Bacaan "Tari Kipas Pakarena"


Lalu Ahmad - Pada kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 1 tentang gagasan pokok dan pendukung bacaan "Tari Kipas Pakarena".

Ayo Membaca :

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat gowa yang merupakan bekas kerajaan gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (Negeri Khayangan) dan penghuni Lino (Bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni boting langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan dari kipas  pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada dibawah dan kadang diatas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Paragraf 1 :
  • Gagasan Pokok : Tari kipas pakarena berasal dari Gowa, Sulawesi sekatan.
  • Ggagasan Pendukung : Tarian menjadi tradisi masyarakat gowa.
Paragraf 2 :
  • Gagasan Pokok : Kisahnya berawal dari perpisahan penghuni khayangan dan penghuni bumi.
  • Gagasan Pendukung : Boting Langi mengajarkan cara hidup kepada kepada penghuni lino.
Paragraf 3 : 
  • Gagasan Pokok : Cerita itu diabadikan dalam tarian.
  • Gagasan Pendukung : Gerakan naik turun. Mencerminkan karakter wanita Gowa. Mengungkapkan rasa syukur.

Penutup

Nah itulah diatas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang gagasan pokok dan pendukung bacaan Tari Kipas Pakarena. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke teman kamu agar mereka mengetahuinya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Kunci Jawaban lainnya :