9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 : Tari Klana Topeng


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 6 tentang tari klana topeng.

Tari Klana Topeng

Tari klana topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari daerah istimewa yogyakarta. Tari klana topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.

Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan jawa.

Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, diantaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan tari klana topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.

Pertanyaan :

  1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks non-fiksi (Tari Klana Topeng) ?
  2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng ?
  3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng ?

Jawaban :

  1. Informasi tentang Tari Klana Topeng.
  2. Sesuai, judul menunjukkan isi bacaan.
  3. Informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal tari klana topeng, unsur-unsur tari klana topeng, dan busana serta properti tari klana topeng.

Tuliskan hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan kelas. Lakukan secara bergantian dengan temanmu.

Penutup

Nah itulah diatas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 6 halaman 66 tentang Tari Klana Topeng. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan ke teman-teman mu ya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.