Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Laluahmad.com - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan materi belajar atau kunci jawaban buku tematik tema 1 kelas 6 tentang Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka indonesia.

Mari Membaca

Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Soal :

Mengapa hewan-hewan tersebut perlu dilestarikan? Apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia?

Jawaban :

Hewan-hewan langka dan terancam perlu dilestarikan karena penting untuk keseimbangan ekosistem. 

Manfaat hewan:
Hewan merupakan sumber makanan bagi manusia, punahnya hewan juga akan mengganggu kelangsungan hidup manusia.
Manfaat kelestarian hewan bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia, yaitu untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Bumi.

Kesimpulan 

Kamu sudah belajar bagaimana membuat kesimpulan yang baik. Sekarang kamu akan mempraktikkan keterampilan tersebut. 

Bacalah kembali teks ‘Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia’. Berdiskusilah dengan temanmu untuk membuat kesimpulan dari isi bacaan tersebut. Tulisanmu harus menggunakan kosakata baku.

Indonesia memiliki beragam jenis hewan dan tumbuhan. Pemerintah membuat Taman Nasional untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Namun, bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan.

Jawablah Pertanyaan Berikut :

  1. Apa yang terjadi dengan hutan tersebut apabila dijadikan perkotaan?
  2. Bagaimana dengan nasib hewan-hewan yang hidup di hutan?
  3. Di mana hewan-hewan tersebut akan tinggal jika hutan telah musnah?
  4. Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, jika seluruh pohon dan semua hutan di bumi habis?

Jawaban :

  1. Jika hutan dijadikan perkotaan maka area resapan air berkurang, meningkatnya ancaman banjir dan longsor, terjadinya kerusakan ekosistem dan terancamnya kelestarian flora dan fauna
  2. Hewan-hewan yang ada di hutan terancam kepunahan karena hilangnya habitat mereka.
  3. Jika hutan telah musnah maka mereka tidak memiliki tempat hidup sehingga mereka akan punah.
  4. Hutan selain berperan dalam daur air juga berperan di ekosistem menyediakan oksigen bagi makhluk hidup lainnya. Hutan juga menyerap karbon dioksida. Tanpa ada hutan, maka produksi oksigen berkurang, sementara kadar karbon dioksida di udara meningkat, yang menyebabkan kehidupan manusia akan terganggu.

Penutup

Nah itulah diatas merupakan Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia. Semoga bisa bermanfaat buat adik-adik. Jangan lupa dibagikan ya. Akhir kata, Sampai jumpa dan Terima kasih telah berkunjung.
Baca Juga :