Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Pagar Nusa Format PNG

Laluahmad.com - Apakah kamu sedang mencari Logo Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa? Dan ingin mendownloadnya? Jika iya maka kamu sudah berada di situs yang tepat, karena pada kali ini aku akan membagikan logonya.

Logo Pagar Nusa Format PNG

Logo Pagar Nusa Format PNG

Tentang Pagar Nusa

Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa adalah salah satu badan otonom NU yang bertugas menggali, mengembangkan, dan melestarikan pencak silat NU Pagar Nusa sebagai warisan Wali Songo.

Makna / Arti Logo Pagar Nusa

  • Bola Dunia : bermakna bumi, persada nusantara, visi kesemestaan dan missi rohmatan lil ‘alamin yang berorientasi duniawi dan ukhrawi, material dan spiritual, lahir dan batin secara utuh dan menyeluruh.
  • Trisula :  bermakna   tiga   orientasi   organisasi,   yaitu:   keolahragaan,   keislaman   dan keindonesiaan. Trisula termasuk jenis senjata yang tertua dan cukup luas penyebarannya di bumi nusantara. Penggunaan simbol trisula juga dimaksudkan agar pelestarian dan pengembangan pencak silat oleh Pagar Nusa tidak tercerabut dari identitas beladiri asli Indonesia.
  • Bintang Sudut Lima Sebanyak Sembilan Buah : bermakna pola kepemimpinan wali songo, idealisasi cita-cita tertinggi yakni mencapai kemuliaan sekaligus idealisme organisasi yang memuat sembilan nilai yaitu: kemerdekaan, keadilan, kebenaran, kejujuran, kerakyatan, persaudaraan, persamaan, kesederhanaan, dan keseimbangan.
  • Tulisan “PENCAK SILAT PAGAR NUSA” : bermakna identitas diri organisasi sebagai wadah perjuangan, koordinasi dan bimbingan sekaligus sarana menghimpun segenap kelompok/perguruan pencak silat NU guna membantu pencapaian tujuan NU dan mengawal terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia; Pagar Nusa merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa.
  • Tulisan huruf Arab yang terbaca “Laa Ghaaliba Illaa Billah” : bermakna “tidak ada yang menang (mengalahkan) kecuali dengan pertolongan Allah“ sebagai tata nilai beladiri khas Pagar Nusa.
  • Garis Kurva Segi Lima : bermakna rukun Islam, sekaligus simbol kecintaan kepada bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila.
  • Garis Tepi Sebanyak Tiga Buah Yang Sejajar Dengan Garis Kurva : bermakna tiga pola utama cara hidup warga NU yaitu: Iman, Islam dan Ihsan yang berjalan bersama.
  • Warna Hijau : bermakna kesejukan, kesuburan dan kemakmuran bumi nusantara serta ketenangan, kesejahteraan dan kebahagiaan anggota Pagar Nusa, warga NU dan seluruh rakyat Indonesia secara lahir dan batin, duniawi dan ukhra
  • Warna Putih : bermakna kesucian jiwa, ketulusan hati, kesungguhan, ketegasan, kebenaran kata dan perbuatan serta keberanian moral dan sikap.