9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Logo Kota Banjar Format PNG

Logo Kota Banjar Format PNG

Logo Kota Banjar Format PNG

Kota Banjar adalah sebuah kota di provinsi Jawa Barat. Kota Banjar berada di perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, yakni dengan Kabupaten Cilacap. Banjar merupakan menjadi pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat.

Arti Logo Kota Banjar

  • Gambar bintang, diambil dari Pancasila sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Simbol ini dipakai berdasarkan cita-cita masyarakat yang berkeinginan agar Kota Banjar menjadi kota religius. Bintang juga merupakan simbol dari semua agama dan memiliki arti kewenangan atau kesuksesan.
  • Tulisan Kota Banjar menunjukan sebutan bagi kota dan Pemerintahan Kota Banjar.
  • Gambar benteng kembar melambangkan pertahanan sekaligus pintu gerbang Kota Banjar. Tonjolannya masing-masing ada lima melambangkan lima dasar pokok negara, Pancasila. Bagian pilar pendek berjumlah 4, dan pilar panjang (menonjol) berjumlah 5, bermakna tahun (1945) Kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Masing-masing terdiri dari 9 pilar merupakan angka tunggal tertinggi/terbesar yang mengandung simbol keberuntungan dan kesuksesan. Angka sembilan merupakan simbol sembilan tokoh agama yang sangat termashur yang menjadi panutan umat yang terkenal dengan isitilah “Wali Songo”. Kembar kiri-kanan bermakna keseimbangan hidup fisik dan psikis.
  • Gambar kujang merupakan senjata tradisional tatar Sunda. Jika perlu dapat dipergunakan sebagai alat penjaga diri. Lima lubang melambangkan Lima dasar pokok negara, Pancasila.
  • Gambar dua gunung melambangkan Gunung Babakan dan Gunung Sangkur yang merupakan simbol kekuatan masyarakat Kota Banjar dari segala guncangan dan gangguan serta teguh pada pendirian untuk menegakkan kebenaran dan keadilan.
  • Gambar sawah dan ladang merupakan simbol kemekmuran dan kesuburan Kota Banjar, sebagai dampak positif dari kehidupan masyarakat yang rajin, dinamis, optimis dan tidak kenal menyerah. Jumlah 21 menyatakan hari ke-21 (dua puluh satu) dari bulan berdirinya Kota Banjar.
  • Sungai dan irigasi yaitu simbol Sungai Citanduy sebagai sumber air yang sangat besar. Irigasi sebagai sumber sarana penunjang kesuburan yang berdampak pada kemakmuran
  • Jembatan, dam/bendungan dilambangkan dengan dua bentuk gambar yang menyatakan bulan kedua dari tahun berdirinya Kota Banjar. Jembatan sebagai sarana untuk kelancaran transportasi dan sam/bendungan sebagai sarana untuk kelancaran irigasi.
  • Gambar roda bersayap melambangkan Kota Transit yang harus berkembang seimbang terutama di sektor perekonomian yang meliputi perdangan dan transportasi. Jari-jari berwarna merah berjumlah 22 melambangkan 22 desa. Sayap berjumlah 4 (empat) kecamatan.
  • Gambar padi kapas melambangkan sandang pangan sebagai kebutuhan pokok serta sebagai simbol subur makmur. Jumlah padi 17 (tujuh belas) menyatakan hari ke-17 (tujuh belas) dari bulan Proklamasi. Jumlah kapas 8 (delapan) menyatakan bulan ke-8 (delapan) dari tahun Proklamasi.
  • Tulisan/motto “Somahna Bagja Di Buana" mengandung makna yang sangat dalam sebagai tujuan dan harapan yang ingin dicapai masyarakat Kota Banjar. Hurufnya berjumlah 19 (sembilan belas) digabung dengan pilar berjumlah 4 (empat) dan 5 (lima) bermakna tahun 1945 yaitu tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Kata-katanya diambil dari Bahasa Sunda yang berarti somah adalah rakyat, masyarakat, somahna berarti rakyatnya, masyarakatnya; bagja berarti sugema, berarti bahagia lahir bathin, di buana berarti di dunia (di Kota Banjar). Dengan demikian "Somahna Bagja di Buana" bermakna masyarakat Kota Banjar bahagia lahir batin, atau yang lebih dalam adalah masyarakat Banjar harus menjadi tuan di kotanya Sendiri.
  • Bagian dasar atau bingkai/wadah berupa tameng/perisai yang sudah distilasi (penyederhanaan bentuk). Tameng adalah suatu alat untuk melindungi seseorang dari serangan musuh yang sudah dibuktikan keampuhannya, terutama zaman dahulu saat dipakai oleh laskar-laskar kerajaan. Begitu juga pada logo ini tameng dimaksudkan sebagai bingkai atau wadah untuk melestarikan atau melindungi simbol-simbol kehidupan masyarakat Kota Banjar.
  • Warna biru muda dalam lambang daerah sebagai gambaran masyarakat Kota Banjar yang cinta damai, dinamis dan optimis. Warna kuning mengandung arti keemasan atau kejayaan dan kemenangan aatu kemakmuran.
  • Warna hijau bermakna subur. Warna merah dan putih diambil warna Bendera Republik Indonesia sebagai simbol pemersatu antar etnis suku dan agama. Warna merah bermakna keberanian, semangat tidak kenal menyerah. Warna putih bermakna teguh dan kuat. Warna hitam bermakna teguh dan kuat.
Posting Komentar

Posting Komentar