Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Kabupaten Banyumas Format PNG

Logo Kabupaten Banyumas Format PNG

Logo Kabupaten Banyumas Format PNG

Kabupaten Banyumas adalah sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di timur, serta Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat. Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah terdapat di ujung utara wilayah kabupaten ini.

Arti Logo Kabupaten Banyumas

  • Bentuk Bulat : melambangkan kebulatan tekad dari seluruh penduduk Kabupaten Banyumas dalam berupaya turut serta mewuhudkan cita-cita bangsa agar dapat hidup adil, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila.
  • Gambar gunung slamet warna hijau dipadukan dengan abu-abu yang menjulang ke angkasa : melambangkan kekayaan alam Kabupaten Banyumas yang harus selalu dijaga dan dilestarikan. Sedangkan nama gunung tersebut “Slamet” melambangkan harapan dan cita bangsa agar selalu senantiasa diberikan keselamatan dan terhendar dari berbagai marabahaya.
  • Gambar sungai Rahayu yang berlapis 3 berwarna kuning dan hitam melambangkan : keindahan sebagaimana namanya yaitu Rahayu dan menjadi sumber kesejahteraan petani, pekebun dan usaha lain yang memanfaatkan aliran sungai tersebut. 3 lapis sungai melambangkan 3 kawasan yaitu Banyumas, Sokaraja, Jatilawang.
  • Gambar selundang yang terdiri dari 10 butir kelapa yang berwarna coklat, putih dan kuning : melambangkan Kabupaten Banyumas merupakan daerah penghasil gula kelapa yang besar dari usaha rakyat.
  • Gambar ranting cengkeh yang berwarna coklat dan kuning : melambangkan Kabupaten Banyumas merupakan daerah penghasil cengkeh terbesar di Indonesia dan 5 buah cengkeh melambangkan Pancasila yang menjadi sumber dan tujuan bernegara.
  • Gambar sebatang pohon beringin berwarna putih seperti gambar busur bersusun 3 melambangkan pengayoman, keadilan, dan kebenaran yang menjadi cita bangsa Kabupaten Banyumas.
  • Gambar bulat berwarna hitam berjumlah 5 yang tersusun berdiri tegak adalah sebuah senjata bahari yang digunakan oleh Raden Werkudara untuk berjuang yang melambangkan jiwa satria dan perjuangan para tokoh pejuang Kabupaten Banyumas yang harus selalu dikenang.
  • Daerah Kabupaten Banyumas – Kalimat tersebut melambangkan nama daerah tersebut Kabupaten Banyumas.
  • RARASING RASA WIWARANING PRAJA : Kalimat tersebut melambangkan keserasian dalam bermasyarakat yang menciptakan keharmonisan dan kesejahteraan meskipun terdapat perbedaan namun tetap saling menghargai satu sama lain.
  • Padi dan Murbai – Gambar 17 butir padi yang ada disisi kiri logo dan 8 daun murbai (8 daun dan 8 buah) : melambangkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banyumas. 17 butir padi dan 8 daun murbai melambangkan tanggal 17 bulan 8 tahun 1945.