Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Poltekkes Surakarta Format PNG

Logo Poltekkes Surakarta Format PNG

Logo Poltekkes Surakarta Format PNG

Tentang Poltekkes Surakarta

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta (Poltekkes Surakarta) atau Poltekkes Kemenkes Solo adalah perguruan tinggi kesehatan yang berada di Surakarta dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV, di bawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Politeknik Kesehatan adalah Unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur yang berada di bawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan sehari-hari bertanggung jawab ke Pusdiknakes. Pembinaan dilakukan oleh Kepala Pusdiknakes. Politeknik Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program diploma I, diploma II, diploma III dan/atau diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Arti Logo Poltekkes Surakarta

  • 4 BALOK BATU BARA BERWARNA HITAM : Melambangkan kesatuan/ peleburan dari keempat Jurusan yang berperan sebagai sumber api/ sumber energi/ sumber kekuatan dari Poltekkes Surakarta.
  • KOBARAN/ NYALA API di KANAN – KIRI BERWARNA MERAH : Melambangkan semangat yang berkobar.
  • TEMPAYAN/ BEJANA BERISI AIR PANAS DI ATAS TUNGKU : Merupakan tempat/ wadah penggodokan, penggemblengan atau ibarat Kawah Candradimuka.
  • KEPALA/ UJUNG PENA DIREBUS DALAM TEMPAYAN : Melambangkan Ilmu Pengetahuan khususnya bidang kesehatan yang sedang ditempa/ digodhok di dalam Kawah Candradimukanya Poltekkes Surakarta.
  • 3 PILAR DENGAN SATU ARAH : Lambang dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selalu diemban oleh suatu Intitusi Pendidikan Khususnya Poltekkes Surakarta.
  • PALANG HIJAU : Melambangkan tujuan Pembangunan Kesehatan Nasional yang merupakan cita-cita / tujuan akhir yang akan dicapai oleh Poltekkes Surakarta melalui Pendidikan  Tenaga Kesehatan.
  • BINGKAI BERLEKUK – LEKUK DENGAN JUMLAH 5 : Melambangkan dinamisasi dari Poltekkes Surakarta yang saling bergandengan satu  sama lain ( bersatu ) sesuai dengan Dasar Negara, Pancasila.
  • WARNA DASAR PUTIH : Melambangkan niat yang tulus dan suci.