Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setiap Orang Memiliki Sikap Terbaik dan Terburuk dari Dirinya

Setiap Orang Memiliki Sikap Terbaik dan Terburuk dari Dirinya

Manusia Dilahirkan dengan Pembawaan Sifat Baik dan Buruk. Ada orang yang bersifat baik dan ada juga yang bersifat buruk, ada yang awalnya bersifat baik namun pada akhirnya sifatnya berubah menjadi buruk, begitupun sebaliknya. Sifat baik dan buruk tidak akan pernah terlepas dari dalam diri manusia.

Dalam keseharian kita dapat menilai karakter seseorang dengan sikap yang ditunjukkannya, sifat manusia itu sendiri diwujudkan melalui sikap dan tingkah lakunya sehari-hari. Dari hal tersebut kita bisa menilai karakter seseorang tersebut seperti apa.

Mengetahui karakter seseorang, tentu penting dalam hubungan sosial karena dapat memudahkan kita dalam melakukan kontak sosial, menjalin kedekatan dan bisa menempatkan diri pada posisi yang benar sehingga tidak terjadi salah paham dan kurang komunikasi. Tentu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan.

Pembawaan baik buruk manusia juga bersifat dinamis, bisa berubah-ubah tergantung singgungan yang diterima, yang bersifat tetap adalah "karakter seseorang" bisa bersifat baik atau buruk. Karakter dibangun, diukir dari sejak lahir melalui otoritas sendiri dan pengaruh pendidikan dari luar, seperti orang tua, keluarga, saudara teman, guru, lingkungan sekitar dan lain sebagainya.

Namun jika seseorang mempunyai karakter yang buruk, bukan karena kesalahan dari pembawaannya lahir, dan bukan salah dirinya sepenuhnya, melainkan orang terdekat sekitarnya yang membentuk karakter dirinya seperti itu, dan setiap orang harus bisa memahami hal tersebut. Jangan salahkan anak, adek, saudara, murid, teman kita jika pembangkang, tidak mau diatur, keras kepala, pemarah, egois, sombong, dan lain sebagainya.
Karena terkadang tingkah atau perbuatan kita, yang membuat dia berubah, karna kita tidak tahu apakah dia menerima atau tidak dengan tingkah atau perbuatan kita dan terkadang pemikiran kita juga tidak selalu sejalan, tentu terdapat pemikiran yang berbeda, bentrok, atau saling bertolak belakang. Di sekeliling kita, banyak terjadi hal yang ketika seseorang terlihat kurang baik, ia langsung menghakimi. Padahal belum tentu begitu bukan ?

Oleh karena itu, kita sebagai manusia tidak boleh terlalu cepat dalam menyimpulkan tindakan setiap orang. Kadang hal baik yang mereka lakukan, namun menurut kita kurang baik. Perlu kita lihat dari berbagai pandangan llainnya.

Oleh : Melia Andari