Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Usaha Anak Sekolah Selain Jualan dan Joki Tugas

Ide Usaha Anak Sekolah Selain Jualan dan Joki Tugas

Lagi pengin nabung buat beli baju, celana serta sepatu buat gaya di hari lebaran? Daftar ide usaha anak sekolah selain jualan dan joki tugas yang akan dibahas pada video ini bisa kamu coba. Mana tahu usaha kamu laris manis, jadi bisa beli kebutuhan outfit di hari lebaran tanpa perlu minta uang ke orang tua, kan!

Ada banyak ide bisnis anak sekolahan seperti kamu. Apalagi promosi bukan lagi jadi kendala, soalnya kamu tinggal manfaatkan semua akun sosial media yang kamu punya.

Dengan begitu, bisnis kamu cepat mendatangkan konsumen. Berikut daftar ide usaha anak sekolah selain jualan dan joki tugas.

1. Freelance Writer

Hobi menulis di era digital seperti saat ini bisa mendatangkan cuan hanya dari karya tulisan sendiri. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan freelancer writer untuk membuat konten produk atau untuk meningkatkan traffic pembaca di suatu blog.

Anak sekolahan kayak kamu cocok banget jadi freelancer writer. Pekerjaan untuk anak SMA sebagai writer, selain waktu kerjanya fleksibel, kamu bisa mengerjakan tulisan klien dimana saja bahkan di sekolah saat jam istirahat.

Untuk menjadi freelancer writer, kamu bisa melamar di penyedia jasa penulisan artikel yang membuka lowongan. Tinggal siapkan contoh artikel terbaik kamu untuk dikirim bersama CV dan data lainnya.

Sebelum lanjut ke ide selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui ide bisnis, tips bisnis, hingga informasi pekerjaan lainnya di Semangatnya.com

2. Blogger

Mirip dengan writer, seorang blogger membuat dan mempublikasikan sendiri tulisan yang dibuatnya melalui platform blog. Bagaimana menghasilkan uang dengan menjadi blogger? Untuk menjadi blogger yang sukses dan mendapatkan penghasilan besar tentu tidak bisa instan.

Pengunjung blogmu harus banyak per bulannya. Dengan begitu, nantinya akan ada perusahaan yang berniat memasang iklan di blog kamu.

Penghasilan seorang blogger tergantung dari seberapa banyak iklan yang termuat dalam blognya. Blogger bisa jadi pekerjaan sampingan untuk pelajar.

3. Youtuber

Berkarir sebagai Youtuber bisa banget dilakoni oleh anak sekolahan. Untuk mendulang banyak subscriber dan like tentunya kamu harus lebih kreatif dalam membuat konten vlog yang bagus. 

Ada banyak jenis konten yang bisa kamu pilih. Terlebih lagi, kamu bisa memulai karir sebagai Youtuber dengan bermodalkan smartphone yang kamu punya.

Tinggal bagaimana kamu mengedit video sedemikian rupa agar layak dan menarik untuk ditonton warga net.

4. Admin Media Sosial

Satu lagi daftar ide usaha anak sekolah selain jualan dan joki tugas yaitu menjadi admin media sosial. Kamu bisa belajar otodidak dari internet mengenai cara menjadi admin media sosial. 

Tugas seorang admin media sosial tentunya harus bisa menyediakan bahan konten yang nantinya akan diunggah ke media sosial.

Tentu kamu harus punya skill editing yang baik untuk menghasilkan gambar atau video yang layak diunggah.


Kalau kamu jeli melihat peluang tentunya masih ada banyak lagi daftar ide usaha anak sekolah selain jualan dan joki tugas. Tinggal bagaimana kamu untuk bisa memanfaatkan tiap peluang yang ada.