9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Logo UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Format PNG

Logo UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

Logo UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Format PNG

Universitas Pendidikan Indonesia (Disingkat UPI) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sejak tahun 2012, UPI berstatus sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP), berubah dari status sebelumnya sebagai perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Arti Logo UPI

  • Bentuk logo yang bulat penuh, selain melambangkan pengakuan yang penuh atas kemahabesaran dan kemahasempurnaan Allah SWT, juga melambangkan (menyatakan) bahwa segenap warga UPI, baik sivitas akademika maupun tenaga kependidikannya telah bertekad bulat dan sepakat untuk bersama-sama melaksanakan tugas masing-masing, sesuai dengan visi, misi, dan fungsi UPI, dengan penuh tanggung jawab dan berserah diri secara total kepada Allah Yang Maha Kuasa. 
  • Tiga warna pokok di atas warna dasar putih, yaitu merah-hitamkuning, merupakan warna khas PTPG, menyiratkan kilasan historis akan masa-masa awal berdirinya perguruan tinggi pendidikan guru di tanah air tercinta ini. Ketiga warna itu menyiratkan juga asas kehidupan kampus yang edukatif, ilmiah, dan religius, di atas landasan kekeluargaan, persaudaraan dan kebersamaan, dalam suasana silih asih, silih asah, dan silih asuh.
  • Warna merah yang berpadu dengan warna dasar putih menyiratkan Dwiwarna Sang Merah Putih sebagai bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yang melambangkan wawasan kebangsaan serta semangat kesatuan dan persatuan yang harus selalu dibina dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tak terkecuali dalam kehidupan akademik. 
  • Buku yang terbuka, dan tinta emas (bulatan kecil) mengisyaratkan bahwa UPI merupakan tempat diselenggarakannya pendidikan formal, tempat belajar dan mengajar, tempat mengggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dari buku, insan-insan kampus dapat memperoleh informasi dan butir-butir kebenaran, dan dengan pena dan tinta, insan-insan kampus dapat mengekspresikan pikiran, perasaan dan kebenaran. Selain menggambarkan tinta, bulatan emas juga mengingatkan kita bahwa ilmu yang diamalkan ibarat matahari yang merupakan sumber cahaya (penerang) dan sumber energi. Buku yang terbuka dan pena dan logo digambarkan putih, tanpa warna, menyatakan bahwa ilmu yang digambarkan dan dikembangkan itu murni, jernih, bebas dari kontaminasi dan muatan kepentingan yang sempit. 
  • Sepasang daun berwarna hitam dan sepasang mahkota bunga serta kepala putik berwarna merah menyiratkan bahwa UPI merupakan persemaian dan berseminya tunas-tunas bangsa serta kader-kader pemimpin bangsa. Pasangan daun dan bunga juga merujuk kepada Tanah Priangan yang subur dan Bandung Kota Kembang yang menjadi semangat kebangkitan negara Asia Afrika yang marak semerbak, serta Bumi Siliwangi yang harum mewangi, tempat berdiri tegaknya lembaga ini. Warna merah melambangkan semangat keberanian dalam menemukan dan membela kebenaran, baik kebenaran ilmiah maupun kebenaran ilahiah. Warna hitam menyiratkan suasana solid dan stabil sebagai dasar pertumbuhan yang mantap. Warna kuning melambangkan ketegaran, kebesaran (hati), kewibawaan, dan kearifan.
  • Garis-garis lengkung cakrawala (horison) menyiratkan bahwa UPI mempunyai visi ke depan, berwawasan nasional, serta berpandangan global. Garis cakrawala yang berjumlah tiga melambangkan hablumminallah, yang menyiratkan semangat religius yang mewarnai segala lini kehidupan insan kampus. Garis lurus vertikal itu juga menyirat misi UPI sebagai lembaga pembina dan penghasil insaninsan berilmu, beriman, dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Esa, penghasil insan yang berakhlaq, akhlaqul karimah.

Lihat juga Logo Perguruan Tinggi di Bandung lainnya :
Posting Komentar

Posting Komentar