Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Kabupaten Subang Format PNG

Logo Kabupaten Subang Format PNG

Logo Kabupaten Subang Format PNG

Subang adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Subang. Luas kabuapten Kabupaten Subang adalah 2.051,76 km2 (792,19 sq mi).

Arti / Makna Logo Kabupaten Subang

  • Perisai Bersudut Lima : Menggambarkan makna keselamatan negara, bangsa, serta agama dan masyarakat Subang. 
  • Pohon Beringin bergelombang 17 dengan akar tunjang delapan : menggambarkan aspek sejarah Kabupaten Subang berupa Kutawaringin (kota beringin) yang mencerminkan kesatuan bangsa dengan jiwa Pancasila dan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, dimana pemerintahan sebagai pelindung rakyat dengan semangat pelaksanaan pembangunan daerah bidang material maupun spiritual.
  • Benteng berkepala lima serta benteng bagian bawah berbata empat dan lima yang terletak di bawah pohon beringin : Lambang tersebut menggambarkan Pancasila sebagai landasan idiil dan Undang-undang Dasar 1945, yang dikaitkan dengan makna pembangunan material dan spiritual.
  • Bintang kuning bersudut lima : dimana bintang tersebut menggambarkan karakteristik masyarakat Kabupaten Subang yang selalu bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mengangungkan agama.
  • “Benteng Pancasila” : Dua kata itu menggambarkan warga Kabupaten Subang yang senantiasa membentengi Pancasila sebagai landasan idiil negara, dari pihak-pihak yang akan menyelewengkannya. Teks ini juga menggambarkan tekad masyarakat Kabupaten Subang untuk menjadikan Pancasila sebagai benteng mental dan jiwa dalam mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridoi Tuhan yang Maha Esa.
  • “Karya Utama Satya Negara” : Kalimat di atas menggambarkan keutamaan karya atau perbuatan yang dilakukan untuk kepentingan negara, bangsa, dan agama.
  • Kuning mas pada pinggir perisai, pinggir pohon beringin, dan garis pinggir benteng, serta bintang : itu semua menggambarkan keluhuran budi dan kebesaran jiwa masyarakat Kabupaten Subang.
  • Hijau tua pada dasar perisai : menggambarkan kesuburan tanah Kabupaten Subang dengan bermacam varietas tumbuhan diatasnya.
  • Warna coklat : menggambarkan kawasan tekstur atau topografi dataran Kabupaten Subang yang rata melandai, terbentang luas mulai dari wilayah tengah hingga utara Kabupaten Subang, menjadi media tanam pohon padi hingga membuat Kabupaten Subang sukses menjadi salah satu lumbung padi di tingkat nasional.
  • Hijau muda : menggambarkan kawasan pegunungan dengan hutan terbentang luas di wilayah selatan Kabupaten Subang yang menjadi banyak menjadi lokasi wisata alam terkenal hingga manca negara, seperti obyek wisata pemandian air hangat alami Sari Ater. 
  • Warna biru : menggambarkan kawasan pantai Kabupaten Subang yang berada di wilayah utara Kabupaten Subang yang kini memiliki peran vital bidang lalu-lintas laut dengan berdirinya pelabuhan bertaraf internasional, yakni Pelabuhan Laut Patimban yang telah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Jokowi akhir Tahun 2020 lalu.

Lihat juga :