Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo BINMAS Format PNG

Logo BINMAS Format PNG

Logo BINMAS Format PNG

Sat Binmas bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian Masyarakat, melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pembinaan terhadap bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, Kepolisian Khusus, serta kegiatan kerja sama dengan organisasi, lembaga, instansi, dan tokoh masyarakat guna peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan serta terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Arti atau Makna Logo Binmas

  • Warna dasar biru melambangkan komunikasi, ketenangan, kedamaian, perlindungan, dan kasih sayang. Hakikatnya bahwa dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya senantiasa menjalin komunikasi, dengan memberikan perlindungan dan kasih sayang sehingga tercipta ketenangan dan kedamaian di masyarakat.
  • Bentuk perisai yang menyerupai segitiga dengan bagian sisi-sisi kakinya melengkung mempunyai makna sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.
  • Tulisan BINMAS warna hitam dengan dasar warna kuning melambangkan kekuatan BINMAS yang didasari kerjasama, kemitraan dan musyawarah dalam menyelesaikan masalah-masalah Kamtibmas khususnya masalah sosial di masyarakat.
  • Padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan yang mencerminkan strategi Pemolisian Masyarakat (Polmas) untuk berpartisipasi aktif serta menciptakan inovasi dan kreasi guna mendorong tumbuh dan berkembangnya perekonomian masyarakat.
  • Logo fungsi Direktorat Pembinaan Masyarakat Baharkam Polri merupakan perwujudan dari komitmen Direktorat Pembinaan Masyarakat dalam melaksanakan pembinaan agar masyarakat mampu melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya terhindar dari penyakit masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik sosial dengan menjalin komunikasi dan kemitraan demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Komitmen tersebut juga merupakan refleksi Visi dan Misi Ditbinmas sebagai implementasi dari Visi dan Misi Polri.