9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Logo ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Format PNG

Logo ULM (Universitas Lambung Mangkurat)

Logo ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Format PNG

Klik Download untuk mendapatkan hasil Logo Universitas Lambung Mangkurat atau ULM PNG dengan Kualitas HD Gratis.

Universitas Lambung Mangkurat atau disingkat dengan nama ULM adalah perguruan tinggi negeri yang ada di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia. ULM didirikan pada tanggal 21 September 1958 dan diresmikan pada tanggal 1 November 1960. Nama universitas ini diambil dari nama Lambung Mangkurat, seorang patih dari Kerajaan Negara Dipa yang tak terpisahkan dari sejarah Kerajaan Banjar di Kalimantan Selatan. Kampus ULM berlokasi di Jl. Brigjen Jalan Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123.

Arti atau Makna Logo Universitas Lambung Mangkurat

  • Burung Enggang : Dalam fauna Indonesia burung Enggang Kalimantan bersifat dan berbeda paruhnya dengan burung-burung Enggang yang berada di Sulawesi. Hidupnya di pohon-pohon besar, di tengah pulau dan bersarang pada pucuk pohon-pohon tersebut. Sayapnya kuat dan berbulu hitam serta berkilau yang terkadang nampak kebiru-biruan ketika terkena sinar matahari. Kiasan dari burung Enggang ini adalah kekuasaan, dapat memandang jauh dan hitam yang mencerminkan kedalaman jiwa dan ilmu pengetahuan.
  • Gong : Di seluruh nusantara, sejak zaman dahulu Gong tergolong sebagai alat pelengkap istana raja, disamping dipergunakan sebagai salah satu alat bunyi-bunyian (terutama dalam pasangan gamelan). Sebagai alat bunyi-bunyian yang bersifat memberi irama. Pada zaman masa kerajaan-kerajaan dulu, gong digunakan juga sebagai alat penghimbau, alat mengelu-elukan rakyat dan alat untuk memberi alamat. Pada masa Lambung Mangkurat, Pangeran Suryanata keluar dari laut dalam pertapaan dilakukan dengan sikap duduk di atas gong emas yang berlukiskan naga. Kiasan dari gong ini adalah alat hubungan dengan sejarah dan riwayat, alat kemegahan, dan alat memberi alamat (tanda-tanda).
  • Lipan : Lukisan lipan pada gong menandakan lambang dan simbol-simbol raja-raja Kalimantan pada masa terakhir mereka kebanyakan adalah lipan.
  • Sinar : Dengan tidak menyimpangi arti lahir dan fungsi dari sinar, yakni pemberi kebahagiaan jiwa dan penerangan atau penyebaran ilmu kepada masyarakat. Kiasan dari sinar ini adalah menimbulkan penerangan, penerangan menimbulkan ilmu dan akal, serta ilmu dan akal diharapkan membawa kebahagiaan bagi masyarakat dan bangsa.
  • Lingkaran : Berarti kebahagiaan.
  • Warna Merah dan Putih : melambangkan nasionalisme.
  • Warna Kuning keemasan : melambangkan kemegahan. 
  • Warna Hitam : melambangkan kedalaman jiwa dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Posting Komentar