Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) Format PNG

Logo Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman)

Logo Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) Format PNG

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Universitas ini berdiri pada tanggal 23 September 1963. Nama Jenderal Soedirman diambil dari Panglima Besar Jenderal Soedirman yang merupakan pahlawan nasional kelahiran Eks-Keresidenan Banyumas, untuk mengenang jasa-jasanya pada nusa, bangsa, dan negara.

Arti Logo Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman)

  • Mahkota teratai tersebut memiliki potret siluet Panglima Besar Jenderal Soedirman setengah badan yang berwarna hitam dan mengenakan penutup kepala khas Banyumas yang bernama iket. Jenderal Soedirman diharapkan dapat menjadi jiwa, aspirasi, dan semangat bagi seluruh civitas akademika Unsoed.
  • Di atas kepala Jenderal Soedirman terdapat sebuah bintang bersudut lima yang berwarna kuning keemasan yang bermakna takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Di bawah Jenderal Soedirman terdapat gambar bunga cempaka putih yang memiliki tiga mahkota bunga, melambangkan Tridharma Perguruan Tinggi, dan dua buah kelopak daun di sebelah kiri dan kanan. Semuanya menyimbolkan jiwa membela kejujuran, kebenaran, keadilan, ksatria, bertanggung jawab, dan tidak kenal menyerah.