Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bubble Drink Yang Digandrungi Anak Muda

Bubble Drink Yang Digandrungi Anak Muda

Disini, saya akan memperkenalkan sosok pegawai cantik dari Moon BOBA yang bernama kakak Febi dari Kecamatan Batu Layar. Kak febi ini berusia masih muda yaitu 19 tahun, dia adalah pegawai cantik dari Moon BOBA. Gadis cantik yang lulusan dari SMKN 1 BATU LAYAR, dia berkerja di Moon BOBA sekitar kurang lebih 4 bulanan. Oke, dari pada bosen kita lakukan wawancara dengan kakak Febi.

Langsung saja saya bertanya pada kakak Febi mengenai produk yang di jualkan ? " Produk yang kami tawarkan adalah produk minuman yang dimana sering di sebut dengan bubble drink (Boba)." Ucap si febi. Selanjutnya, saya bertanya mengenai siapa sih pemilik dari usaha Moon BOBA ini ? " Pemiliknya ini sering di panggil pak Riski di karnakan namanya terlalu panjang makanya di panggil pak Riski aja, beliau juga lagi sibuk kerja makanya jarang ke sini." ( Sambil tertawa ) , saya pun ikut tertawa mengingatkan apa yang di katakan tadi. 

Tapi saya lanjut untuk bertanya yang lain pada kak febi berapa lama sih MooN BOBA ini berdiri ? Dia menjawab " kurang lebih sekitar 1 tahunan adalah " ucap si febi ini. Pertanyaan selanjutnya yang saya tanyai itu mengenai apa sih kendala yang di rasakan sebagai pegawai minuman ? Dia jawab "kendalanya paling di bahan-bahan yang di gunakan di minuman seperti bubuk atau susu kadang harganya naik tiba-tib dan satu lagi di bagian pemasaran itu sangat sulit karna tidak sesuai target yang di harapkan perhari itu. Pemiliknya itu belum daftar di online iya seperti grab atau shoppefood jadi masih promosi dari pembeli yang beli lalu tag kita dari IG dan promosi paling dari 1 sosial media yaitu IG." Imbuhnya 

Lalu saya berfikir ternyata masih banyak usaha yang belum bergerak di bidang yang banyak di gunakan sekarang yaitu Gofood dan shoppefood tersebut. Oke tinggalkan pikiran saya yang tadi, tidak maksudnya adalah lanjutkan pertanyaan yang saya ajukan adalah berapa omset penjualan perhari ? (Sambil mikir) " omset perhari gk nentu, kadang 200 RB / 25 cup kecil 
Dan kadang juga kurang dari 200 RB / hari."ujarnya 

Saya mau bertanya tentang gaji yang di dapatkan tapi tidak enak. Jadi, saya nanya harga dari cup small sama yang large itu berapa ? Dia jawab : " dia jawab harganya yang kecil mulai dari 10 ribu dan yang besar mulai harganya 13 ribu, kak." Kata kak febi.

Dari wawancara saya dengan kak febi ini saya dapat simpulkan bahwa walaupun 1 outlet ( tempat ) masih ke susah dalam mengejar target omset yang sesuai dengan keinginan usaha tersebut dan apalagi di bagian online masih pakai sosial media Instagram saja, karena juga pemiliknya masih kerja di lain tidak hanya fokus di usahanya saja.

Jadi hubungan dengan aspek ekonomi dan sosial, bisnis sosial adalah bisnis yang memiliki tujuan sosial sebagai fokus utamanya dan menginvestasikan kembali keuntungan untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut. Menurut peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus yang dikutip dari hec.edu, bisnis sosial bertujuan untuk memecahkan masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang mempengaruhi umat manusia seperti, kelaparan, tunawisma, penyakit, polusi, dan lainnya. Dikutip dari digitalagenda.io, menurut Richard Cobbett yang merupakan seorang manajer perusahaan sosial, semakin menguntungkan suatu usaha sosial, maka semakin dapat diinvestasikan dalam kegiatan dan sumber daya yang menciptakan manfaat sosial.

Tetapi pada tingkat yang lebih penting, bisnis sosial yang menguntungkan dapat memastikannya dapat terus berjalan dan memenuhi tujuan sosialnya dalam jangka panjang. Hubungan antara ekonomi dan politik adalah, ekonomi berkaitan dengan pengalokasian sumber daya di suatu wilayah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sedangkan politik berkaitan dengan kekuasaan penyelenggaraan pemerintahan dalam suatu negara.