Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo BPK RI Format PNG

Logo BPK RI Format PNG


Klik Download untuk Mendapatkan Hasil Logo Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau BPK RI Format PNG dengan Kualitas HD Gratis.

Tentang BPK RI

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau BPK RI adalah lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Menurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh Presiden.

Arti Logo BPK RI

  • Cakra dengan tiga mata tombak dan 47 buah lengkungan kecil-kecil pada luar lingkaran Cakra melambangkan bahwa Cakra adalah senjata Betara Wisnu yang ampuh untuk menjaga agar pengelolaan keuangan negara selalu tertib, berdaya guna dan berhasil guna serta penggunaannya mencapai tingkat kesepadanan yang tinggi.
  • Tiga mata tombak melambangkan ruang lingkup pemeriksaan BPK. Pertama, ketertiban dan ketaatan dalam penguasaan dan pengurusan keuangan negara. Kedua, daya guna (efisiensi) dan kehematan (ekonomis). Ketiga, hasil program yang efektif.
  • Bunga teratai berkelopak tujuh lembar menopang Cakra dikenal sebagai Padsama yang bermakna tahta bunga-bunga teratai melambangkan kebersihan, kesucian dan keluhuran lahir batin. Sementara tujuh buah kelopak teratai menggambarkan landasan pelaksanaan tugas BPK adalah Sapta Prasetya Jati dan Ikrar Pemeriksa yang masing-masing berjumlah tujuh butir.
  • Garuda dan Cakra berwarna emas mempunyai arti keluhuran dan keagungan BPK sebagai lembaga tinggi negara. Sedangkan warna putih dan kelopak teratai melambangkan kesucian, kebersihan dan kejujuran yang harus menjiwai setiap pegawai BPK.
  • Lambang BPK ditetapkan dengan nama Tri Dharma Artasantosha. Nama ini berarti menjunjung tinggi pancasila dan UUD 1945, serta prinsip-prinsip penuntun, berupaya mencapai tiga keberhasilan menuju terwujudnya pertanggungjawaban keuangan negara yang semakin sempurna. Lambang ini dipakai sejak 1993-sekarang.
  • Tulisan Tri Dharma Artasantosha ditempatkan di kiri dan kanan mata tombak yang ada di puncak. Jika digabung dengan kata-kata di gelang bagian bawah BPK, maka tulisan Tri Dharma Artasantosha tidak saja berarti nama, tetapi juga bermaksa misi. Artinya, misi BPK yaitu mewujudkan Tri Dharma Artasantosha.

Nah itulah Logo Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau BPK RI Beserta Arti atau Makna Logonya. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa bagikan tautan postingan ini ke teman atau sosial media kamu. Akhir kata, sampai jumpa.