Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui lebih Detail Aspek Ekonomi, Sosial Dan Politik Di Indonesia

Mengetahui lebih Detail Aspek Ekonomi, Sosial Dan Politik Di Indonesia

Aspek Ekonomi adalah aspek geografi social yang berkaitan dengan hal-halekonomis. Aspek Ekonomi itu sendiri membahas tentang bagaimana perusahaan berkembangyang tentunya impactnya pkkositif terhadap pendapatan yang diperoleh.Bukan hanya itu sumber daya manusia (SDM) juga harus sesuai dengan keadaaan tempat kita memulai sebuah usaha karena peningkatan ekonomi berpengaruh terhadap hal tersebut.

Sebagaimana contoh dari Aspek Ekonomi Pengembangan Usaha Budidaya Rumput Laut di Indonesia Sumberdaya laut merupakan salah satu sumber perekonomian yang sangat penting bagi masyarakat di desa karena dari kepala desanya sendiri sangat mendukung hal tersebut, bahkan warga pun banyak melakukan pengolahan lain dari rumput laut seperti yg di katakan bapak kepala desa tadi warga tidak hanya mem ust makan sana dari rumput laut bahkan ada jga yg membuatnya sebagai minuman jus, Karna banyak sekali Mampaatnya. Ini jga sebagai peluang baru bagi masyarakat di sini karna sebelumnya tidak pernah ada jus rumput laut yg di jual,jadi usaha ini akan sangat bagus lah bagi masyarakat setempat.

Sedangkan Aspek Sosial merupakan hasil daripada aktivitas manusia dengan alam sekitar/lingkungannyanyang dimana salah satu bentuknya itu meliputi penindasan. Menegna penindasan tersebut adalah suatu kekerasan,ancaman dan paksaan yang dilakukan seseorang kepada orang lain yang melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau orang lain.Tujuan utama perusahaan adalah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.

Namun,perusahaan tidak dapat hidup sendirian, perusahaan hidup bersamasama dengan komponen lain, salah satu komponen lain yang di maksud adalah lembaga social sehingga dalam rangka keseimbangan tadi, hendak nya perusahaan memiliki tanggung jawab social.Analisis dalam bidang sosial contohnya:
  1. Interaksi Sosial Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antaara masyarakat dengan perusahaan dimana perusahaan atau organisasi sebagai lemabaga sosial
  2. Perubahan Keadaan Sosial yang Kompleks Perubahan sosial merupakan kondisi struktur sosial yang terdiri dari masyarakat dan lingkungan sekitar didalam suatu daaerah tertentu.

Jadi informasi yg dapat saya ambil adalah manusi itu mahluk sosial dan tidak bisa hidup sendiri oleh karna itu interaksi itu sangat penting dalem bermasyarakat supaya menjaga tali silaturahmi antar masyarakat, dari situ tercipta lah keadaan yg damai tentaram dan nyaman.

Sementara Aspek Politik adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya isu,spekulasi,dan rumorkarena kondisi politik dari pemerintah yang bisa mempengaruhi permintaan dan penawara konsumen. Adanya isu, rumor, spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang di ciptakan pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk, baik itu barang maupun jasa. Dalam menganalisis kelayakan bisnis hendak nya aspek politik perlu pula dikaji untuk untuk memperkirakan bahwa situasi politk saat bisnis di bangun dan di implementasikan tidak akan sangat mengganggu sehingga kajian menjadi layak,situasi politik dapat di ketahui melalui berita-berita dan media massa.

Contohnya:
  1. Isu Strategis Isu Strategis merupakan suatu informasi pemberitaan sosial yang mencakup informasi publik yang berkaitan dengan perubahan lingkungan, masyrakat dan pemerintahan
  2. Penyelenggaraan Pemerintan Penyelenggaraan Pemerintahan merupakan suatu rangkaian atau struktur kepemerintahan didalam suatu wilayah tertentu.
  3. Kerjasama Pemerintah Kerjasama Pemerintah merupakan suatu perjanjian pemerintah suatu wilayah dengan pihak – pihak lainya. agar pemerintah mau bekerjasama dengan perusahaan.

Jadi informasi yg dapet di ambil di sini adalah masyarakat di sini jga harus tau gitu apa tujuan pemerintah mengeluarkan undang undang atao aturan baru, masyarakat jga harus paham apakah itu hanya isu atao hoax doang atao gimana, supaya gak hanya nyalahin pemerintah ini itu, tapi masyarakat jga punya hak dan wewenang mengeluarkan aspirasi terhadang pemerintah supaya tidak membuat peraturan seenaknya.

Implikasi Pada Studi Kelayakan Bisnis

Berkenaan dengan permasalahan permintaan konsumen dan penawaran produsen, serta bentuk - bentuk pasar maka tugas analisis dalam melakukan studi kelayakan bisnis ( SKB ) dari aspek pasar hendaknya 
  1. Mampu menentukan produk atau jasa yang akan dijadikan benchmark bagi rancangan produk atau jasa yang akan dijual. Jika belum ada produk yang beredar di pasar, maka rancangan produk atau jasa dari studi ini akan menjadi pelopor di pasar.
  2. Mampu menentukan jenis pasar yang akan dipilih, baik dari sisi produsen maupundari sisi konsumen. Dengan penentuan ini, maka manajemen selanjutnya akan mempersiapkan strategi dan kebijakannya.
  3. Mampu melakukan analisis untuk dapat menentukan pergerakan permintaan konsumen akan produk yang akan dijual serta pergerakan kemampuan para produsen dalam penawarannya di pasar, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa kedepan.

Oleh : Riadatul Alma (Mahasiswa FE UNU NTB).