9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Bukan Hanya OTR dan SPK, Berikut Ini Beberapa Istilah Beli Mobil Jarang Diketahui

Bukan Hanya OTR dan SPK, Berikut Ini Beberapa Istilah Beli Mobil Jarang Diketahui

Dalam proses pembelian mobil baru tentunya akan ditemukan berbagai istilah yang pastinya akan jarang didengar banyak orang. Bahkan bisa dikatakan bahwa istilah tersebut masih sangat asing dengan kebanyakan orang. Beberapa istilah yang sudah familiar tentunya seperti OTR atau on the road yang memang merupakan harga sebuah mobil yang sudah mencakup semuanya termasuk membuat dokumen seperti STNK maupun BPKB. Selain OTR, kebanyakan orang juga sudah mengenal SPK yang merupakan surat pemesanan kendaraan. Selain kedua itu, ternyata masih banyak lagi istilah lain yang jarang orang ketahui. Maka itu penting untuk bisa mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah sebelum mengunjungi dealer agar tidak terlihat kebingunan nantinya.

Apalagi sekarang sudah ada internet sehingga bisa cek beberapa artikel di internet yang akan membahas tentang makna dari istilah-istilah beli mobil baru. Untuk membantu banyak orang dalam mengenal istilah-istilah dalam bidang otomotif terutama mobil maka berikut ini akan dijelaskan secara lengkap.

Booking fee

Jika pihak dealer mengharuskan setiap calon pembeli untuk membayar booking fee maka tidak perlu bingung. Jadi booking fee merupakan tanda jadi atau kesepakatan antara dealer dengan pembeli yang menunjukkan keseriusan dengan menyerakan sejumlah uang. Biasanya booking fee untuk sebuah kendaraan roda empat ada di rentang sekitar 5 sampai 10 juta rupiah. Bagi calon pembeli yang sudah memegang tanda booking fee maka bisa menunggu stok mobil tersedia dan mobil tidak akan bisa diambil alih oleh orang lain.

Off the road

Kebanyakan orang hanya tahu on the road tetapi tidak tahu maksud dari off the road. Jadi off the road merupakan harga dari sebuah mobil yang belum mencakup semuanya atau hanya mencakup harga mobil saja. Harga tersebut belum termasuk biaya lainnya seperti mengurus dokumen STNK atau BPKB sehingga hal tersebut harus diurus secara terpisah dan akan menghabiskan waktu.

DP dan TDP

DP atau down payment adalah uang muka yang harus dibayarkan oleh calon pembeli dan belum termasuk biaya cicilan. DP yang harus dibayarkan ketika beli mobil apa saja termasuk Daihatsu Xenia dengan persentase sebesar 25 hingga 30 persen. Sedangkan TDP atau total down payment merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan mulai dari uang muka, asuransi, biaya kredit, dan sudah termasuk cicilan pertama. Jumlah ini tentunya merupakan kesepakatan antara perusahaan pembiayaan dengan pihak pembeli.

Ketiga istilah tersebut tentunya akan sering diucapkan oleh pihak dealer dan juga leasing kepada pelanggan. Istilah diatas juga berlaku juga ketika beli mobil dari merek apa saja di aplikasi SEVA yang menyediakan layanan kredit yang sudah bermitra dengan leasing yang menjadi bagian dari Astra Grup sehingga dijamin pelayanannya akan mengutamakan pembeli.
Posting Komentar

Posting Komentar