9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Tips Pertama Kali Masuk Kantor Agar Tidak Canggung


Menjalani hari pertama di kantor memang membuat was-was dan gelisah. Terlepas itu adalah tempat kerja impian kita, kita biasanya cenderung merasa grogi untuk masuk pertama kali ke kantor. Kita bisa saja merasa takut membuat impresi yang buruk atau terlihat canggung di depan teman-teman kantor yang baru. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada tips yang bisa diterapkan saat pertama kali masuk ke kantor agar tidak canggung. Apa sajakah tipsnya? Yuk cari tahu tips lengkapnya lewat penjelasan di bawah ini! 

Coba Perkenalkan Diri Dulu

Sebagai anak baru di kantor, kamu mungkin merasa ragu dan malu-malu jika harus memperkenalkan diri terlebih dulu. Tetapi, justru untuk menghindari supaya kamu tidak nampak canggung, kamu harus berinisiatif untuk memperkenalkan diri terlebih dulu. Cobalah untuk menyapa satu atau dua orang yang tempat duduknya ada di dekat kamu. Perkenalkan diri kamu dengan percaya diri dan cobalah membuka obrolan hangat yang membuat mereka merasakan energi positif dari diri kamu.

Inisiatif Bertanya

Selanjutnya, selain inisiatif memperkenalkan diri, penting bagi kamu untuk inisiatif dalam bertanya juga. Apalagi kamu sebagai anak baru di kantor, mungkin ada saja hal-hal yang tidak kamu mengerti. Seperti halnya kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Ini akan berlaku juga bagi kamu di lingkungan kerja. 
Jika tidak berani bertanya mengenai hal yang tidak kamu pahami, kamu akan berakhir kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas penting yang ada di kantor. Dengan kamu berinisiatif bertanya, atasan atau rekan kerja kamu juga akan menganggap kamu sebagai orang yang aktif. Impresi yang ditimbulkan terhadap diri kamu juga akan lebih positif dan baik. 

Bersikap Ramah

Tips yang satu ini sangat wajib diterapkan saat masuk pertama kali ke kantor. Jangan sampai kamu bersikap ketus dengan rekan kerja kamu di kantor baru. Cara ini juga bagus untuk mengurangi rasa canggung saat kamu baru masuk ke kantor. Dengan bersikap ramah, kamu juga akan lebih santai dalam berkomunikasi dengan rekan kerja maupun atasan. 

Terima Ajakan Makan Siang Bersama

Sering kali saat jam makan siang tiba, rekan kerja akan saling mengajak untuk makan siang. Apabila kamu menerima tawaran ini saat pertama kali masuk ke kantor baru, usahakan untuk tidak menolak tawaran tersebut. Selain sebagai bentuk sopan santun, dengan makan siang bersama rekan kerja juga akan membuat kamu lebih dekat dengan rekan kerja. Ini bisa jadi momen yang tepat untuk mencairkan rasa canggung saat berinteraksi dengan rekan kerja. 

Jangan Bicara Berlebihan

Meskipun menyapa dan mengobrol dengan rekan kerja juga bisa mengurangi rasa canggung, tetapi usahakan untuk tidak bicara terlalu berlebihan. Ini bisa membuat impresi yang buruk dan malah membuat rekan kerja merasa tidak nyaman. Pastikan topik obrolan kamu bersifat terlalu pribadi, apalagi mengajak mereka bicara mengenai topik yang menyinggung SARA di awal kamu mengobrol dengan rekan kerja. 

Jaga Bahasa Tubuh

Saat merasa canggung, bahasa tubuh kita biasanya akan menunjukkan gerak-gerik yang kikuk. Lawan bicara akan dengan mudahnya membaca bahasa tubuh kita jika kita tidak nyaman atau canggung. Bisa jadi ini turut membuat lawan bicara kamu jadi ikutan canggung. Untuk itu, kamu harus belajar untuk menjaga bahasa tubuh supaya terlihat lebih santai dan tidak gugup saat pertama kali masuk ke kantor. 

Nah, demikianlah berbagai tips yang barangkali bisa kamu manfaatkan sebagai anak baru di kantor. Jika kamu membutuhkan tips lain seputar dunia kerja, kamu bisa kunjungi tambahpinter.com. Di sana terdapat banyak tips yang pastinya akan membuat kamu lebih lebih mudah beradaptasi di dunia kerja. Selamat mencoba tips-tips di atas dan sukses untuk hari pertamamu di tempat kerja!
Posting Komentar

Posting Komentar