Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Ide Pokok Bacaan "Gerak Kupu-kupu"


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang Ide Pokok Bacaan "Gerak Kupu-kupu".

Ayo Membaca :

Gerak Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Suka kah kamu pada kupu-kupu ?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan Avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan ? Lalu kenapa terlihat warna warni ? Sayap kupu-kupu terlihat warna warni karena perbedaan kecerahan pada lapisan tipis nya. Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba.

Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa  terbang apabila suhu tubuhnya dibawah 30 derajat celcius.

Ide Pokok Bacaan :


  • Paragraf 1 : kupu-kupu dah adalah hewan yang lucu.
  • Paragraf 2 : kupu-kupu termasuk hewan serangga.
  • Paragraf 3 : tahukah kamu, saya kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan ?
  • Paragraf 4 : kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.


Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang ide pokok bacaan gerak kupu-kupu. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa dibagikan ke teman kamu supaya mereka mengetahui jawabannya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel