Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Hewan Vertebrata dan Avertebrata - Kelinci dan Siput


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini akan membagikan sebuah materi atau kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang hewan vertebrata dan avertebrata - kelinci dan siput.

Ayo membaca :

Hewan Vertebrata dan Avertebrata - Kelinci dan Siput

Berdasarkan struktur tubuhnya hewan terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata. Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang, dan Avertebrata adalah kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Ciri khas hewan vertebrata yaitu memiliki tulang belakang yang berfungsi untuk menopang berat badan hewan tersebut.

Kelinci termasuk hewan vertebrata, sedangkan siput merupakan hewan Avertebrata. Hewan Avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Adapun ciri-ciri hewan Avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan saraf nya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan Avertebrata lainnya adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Salah satu ciri makhluk hidup yaitu dapat bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sistem gerak yang terdapat pada Vertebrata dan Avertebrata memiliki fungsi yang sama yaitu berhubungan dengan bentuk rangka dan tubuh hewan, walaupun hewan tersebut berpindah tempat dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Temukan perbedaannya !

Karakteristik Kelinci


  • Vertebrata.
  • Gerakan yang lincah dan cepat berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat.
  • Tubuh ditumbuhi bulu-bulu.
  • Alat gerak sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang.
  • Beranak.


Karakteristik Siput

  • Avertebrata.
  • Gerakannya lambat berpindah tempat seolah merayap.
  • Siput memiliki cangkang keras di luarnya sebagai pelindung.
  • Alat gerak kaki perut lebar dan pipih.
  • Bertelur.

Pertanyaan :

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput?

Jawaban :

Siput merupakan hewan Avertebrata. Hewan Avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Adapun ciri-ciri hewan Avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan saraf berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan Avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang hewan vertebrata dan avertebrata - kelinci dan siput. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan ke teman mu agar mereka mengetahuinya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel