9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Percobaan Perambatan Bunyi


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 1 tentang Percobaan Perambatan Bunyi.

Pertanyaan :

  1. Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita ?
  2. Media atau benda apakah yang digunakan membuat bunyi ?
  3. Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama ? Mengapa?
  4. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?

Jawaban :

  1. Dari percobaan tersebut, media yang digunakan sehingga bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita yaitu udara, benang dan air.
  2. Benda gas, benda cair, dan benda padat.
  3. Bunyi yang dihasilkan berbeda sesuai dengan media perambatan nya. Benda padat dan cair merupakan penghantar bunyi yang baik daripada udara.
  4. Bunyi yang dihasilkan oleh benda berbeda-beda. Benda padat dan cair merupakan penghantar bunyi yang baik daripada udara. Hal itu disebabkan susunan partikel zat padat dan cair lebih rapat daripada susunan partikel udara. Selain jenis medium, faktor yang memengaruhi cepat rambat bunyi adalah suhu medium. Semakin besar suhu medium, maka cepat rambat bunyi akan semakin besar.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 1 tentang Percobaan Perambatan Bunyi. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat, dan jangan lupa belikan jawaban ini ke temanmu. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :