-->

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Ciri Khas Hewan di Wilayah Tempat Tinggal


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi kata kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 1 kelas 6 tentang Ciri Khas Hewan di Wilayah Tempat Tinggal.

Ayo Perhatikan :

Carilah informasi tentang suatu jenis hewan yang menjadi ciri khas di wilayah tempat tinggalmu.

Melakukan investigasi untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang hewan tersebut dan tuliskan dalam bentuk laporan. Tulisanmu harus mencantumkan hal-hal berikut :

  1. Ciri-ciri khusus dan habitat asli.
  2. Manfaat hewan.
  3. Jumlah populasinya saat ini.
  4. Penyebab kelangkaan.
  5. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi kelestariannya.
  6. Langkah-langkah mu sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya. 


Contoh :

Elang Jawa

Elang jawa (Nisaetus Bartelsi) merupakan hewan endemik di pulau jawa. Sebaran elang ini terbatas di pulau jawa, dari ujung barat (taman nasional ujung kulon) hingga ujung timur di semenanjung Blambangan Purwo. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara republik indonesia, yaitu garuda.

Elang jawa memiliki panjang 60 sampai 70 cm (dari ujung paruh hingga ujung ekor). Kepala berwarna coklat kemerahan (Kadri), dengan jambul yang tinggi menonjol. Ketika terbang, elang jawa serupa dengan elang brontok.

Burung pemangsa ini berburu mangsanya seperti tupai, kalong, musang, sampai dengan tikus. Elang berperan menjaga keseimbangan ekosistem karena dengan adanya elang hewan perusak seperti tikus akan tetap terkendali. Secara tidak langsung burung elang ini membantu para petani membasmi hama tikus.

Saat ini jumlahnya hanya sekitar 137 sampai 188 pasang burung, atau perkiraan jumlah individu elang ini berkisar antara 600 sampai 1000 ekor.

Populasi yang kecil ini menghadapi ancaman besar terhadap kelestariannya, yang disebabkan oleh kehilangan habitat eksploitasi jenis. Pembalakan liar dan konversi hutan menjadi lahan pertanian telah menyusutkan tutupan hutan di jawa. Selain itu, elang ini juga terus diburu orang untuk diperjualbelikan di pasar gelap sebagai satwa peliharaan.

Mempertimbangkan kecilnya populasi, pemerintah indonesia menetapkannya sebagai hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Sementara organisasi konservasi dunia IUCN memasukkan elang jawa ke dalam status EN (Endangered, terancam kepunahan).

Sebagai Seorang pelajar ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi kelestarian elang jawa. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :

  1. Menjaga kelestarian ekosistem hutan sebagai tempat tinggal burung elang.
  2. Melaporkan kepada petugas jika ada yang melakukan perburuan liar terhadap elang jawa.
  3. Menghindari memelihara hewan langka sebagai hewan peliharaan.
  4. Menghimbau masyarakat untuk tidak memburu elang jawa.
  5. Tidak memburu elang jawa untuk kesenangan pribadi.
  6. Mencegah perdagangan elang jawa dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila menemukannya.


Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 1 kelas 6 tentang Ciri Khas Hewan di Wilayah Tempat Tinggal. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa di bagikan ke temanmu agar mereka mengetahui jawabannya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel