-->

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Berkreasi Membuat Patung Nusantara Dari Tanah Liat dan Plastisin


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini, aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kurikulum 2013 tema 1 tentang berkreasi membuat patung nusantara dari tanah liat dan plastisin.

Ayo berkreasi :

Manfaat tanaman bukan hanya pada buah dan bunga. Bagian tanaman lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk indonesia dan asia tenggara adalah kayu. Banyak produk sini yang terbuat dari kayu, salah satunya adalah patung.

Kamu bisa membuat patung seperti mereka namun kali ini kamu akan belajar membuat patung dari bahan lain, yaitu tanah liat atau lilin malam.

Patung nusantara terbuat dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ayo, kita praktikkan membuat patung nusantara dari tanah liat.

Pertanyaan :


  1. Bagaimana pendapatmu ketika melihat patung tersebut ? Jelaskan ?
  2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung tersebut ?
  3. Menurutmu, bagaimana cara membuat patung tersebut.


Jawaban :


  1. Sangat mengagumkan, hasil kerajinan tanah liat kasongan sangat menarik.
  2. Untuk membuat patung tersebut dibutuhkan tampilan membuat bentuk patung dari tanah liat dan kemampuan tentang seni dan budaya.
  3. Untuk membuat patung tersebut dilakukan dengan mempersiapkan bahan dasar berupa tanah liat, kemudian dibentuk menjadi patung. Setelah patung kering kemudian diberi warna agar lebih menarik.


Kamu telah mengamati berbagai patung nusantara dari tanah liat. Sekarang kamu akan membuat patung dari tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan budaya daerahmu.

Proses pembuatan patung nusantara dari tanah liat

Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan maupun ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah liat plastis. Jangan menggunakan tanah liat yang terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas.

Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk di ukir.

Untuk kegiatan membuat patung nusantara ini kamu dapat menggunakan tanah liat yang dapat ditemukan di sekitar tempat tinggalmu. Jika di sekitarmu tidak terdapat tanah liat, maka kamu bisa menggunakan lilin atau plastisin. Kamu dapat membuat sendiri adonan plastisin dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Membuat adonan plastisin

Bahan-bahan :


  • Dua cangkir terigu.
  • Setengah cangkir garam.
  • Dua sendok makan minyak sayur.
  • Satu setengah cangkir air hangat.
  • Pewarna makanan.


Cara membuat :


  1. Campuran terigu, garam, dan minyak sayur dalam wadah.
  2. Masukkan air hangat secara bertahap hingga adonan menjadi liat tidak terlalu lembek.
  3. Gunung dan remas remas adonan hingga bercampur dengan sempurna.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna makanan. Kemudian gulung-gulung adonan hingga warna tercampur merata.


Sekarang ambillah adonan plastisin mu yang sudah tersedia. Kamu dapat mencoba berbagai bentuk dengan menggunakan tanah liat atau lilin malam. Biasakan lah tanganmu untuk membentuk disain yang kamu harapkan.

Cobalah beberapa bentuk dengan menggunakan bahan yang sama.

Penutup

Nah itulah diatas merupakan Kunci Jawaban Buku Tematik Kurukulum 2013 Tema 1 tentang Berkreasi Membuat Patung Nusantara Dari Tanah Liat dan Plastisin. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa di bagikan ke teman kamu agar tahu jawabannya. Akhir kata sampai jumpa di postingan Materi Belajar Lainnya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel