Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Kesimpulan Dari Teks Bacaan "Daun Pandan Yang Wangi"


Lalu Ahmad - Pada kesempatan kali ini, aku akan membagikan sebuah materi atau kunci jawaban dari buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 1 tentang Kesimpulan Dari Teks Bacaan Daun Pandan Wangi.

Ayo Membaca :

Tumbuhan di indonesia banyak dimanfaatkan sebagai pewarna. Kunyit digunakan sebagai bahan pewarna apabila kita membutuhkan warna kuning. Tanaman bit menghasilkan warna merah. Warna hijau dapat diperoleh dari sawi dan pandan.

Tahukah kamu, bahwa selain menghasilkan warna hijau, pandan juga memiliki aroma yang wangi ? Ayo, baca teks berikut dalam hati.

Daun Pandan Yang Wangi

Daun pandan adalah tumbuhan semak. daun ini banyak tumbuh di negara-negara asia tenggara. Di indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.

Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

Pertanyaan :

Buatlah kesimpulan dari teks di atas.

Jawaban :

Daun pandan adalah tanaman yang tumbuh di asia tenggara. Daun pandan berwarna hijau dengan daun berbentuk pita, tipis, licin, memiliki panjang sekitar 40-80 cm dan lebar 3-5 cm dan runcing. Daun pandan sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi oleh masyarakat.

Tukarkan kesimpulan mu dengan temanmu. Berilah komentar mu pada kesimpulan temanmu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 1 kelas 6 halaman 152 tentang kesimpulan dari teks bacaan daun pandan yang wangi. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. Dan jangan lupa bagikan ke teman mu agar mereka mengetahui jawabannya. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya.

Baca Juga :