9NeDh8uERosNqKvka8v3KqayvY0KFyzNtMxCk41H
Bookmark

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 : Gerak Ikan Dalam Air


Lalu Ahmad - pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sebuah materi belajar atau kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang Gerak Ikan Dalam Air.

Ayo Membaca :

Gerak Ikan Dalam Air

Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak di miliki oleh adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik ? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan kekiri bersama dengan sirip ekor nya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekor nya.

Berdasarkan bacaan tentang Gerak Ikan Dalam Air, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragraf nya.

Paragraf 1 :

  • Ide pokok : ikan memiliki sistem gerak yang unik.
  • Kalimat pengembang : sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Paragraf 2 :

  • Ide pokok : ikan memiliki sistem gerak yang unik.
  • Kalimat pengembang : bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakkan ikan dalam air.

Paragraf 3 :

  • Ide pokok : tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik ?
  • Kalimat pengembang : ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekor nya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekor nya.

Penutup

Nah itulah di atas merupakan kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 1 tentang Gerak Ikan Dalam Air. Semoga kunci jawaban tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan jawaban ini ke teman kamu. Akhir kata, sampai jumpa di postingan belajar lainnya. Terima kasih.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 Lainnya :